Sindiran Andi Arief ke Mahfud MD, BPN Klaim Prabowo Bisa Menang Telak

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD saat akan meninggalkan Gedung KPK di Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Sepekan lebih usai pencoblosan, tensi politik di Tanah Air masih memanas. Perhatian publik masih tertuju dengan dinamika proses perhitungan suara Pilpres 2019 di Komisi Pemilihan Umum atau KPU.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Kali ini, manuver Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso jadi sorotan. Ia mengklaim duet Prabowo-Sandi bisa menang telak di Pilpres 2019 dengan kisaran perolehan suara 75-80 persen bila tak dicurangi. Artikel ini menjadi salah satu terpopuler di VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2019.

Masih terkait politik, politikus Demokrat Andi Arief terlibat perdebatan di media sosial dengan pakar hukum tata negara Mahfud MD. Perdebatan keduanya terkait ambang batas perolehan suara partai politik untuk mencalonkan calon presiden atau presidential threshold (PT) sebesar 20 persen.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Andi menyindir Mahfud terkesan cari aman dengan argumennya yang baru menyadari kekeliruan PT sebesar 20 persen. Artikel ini jadi salah satu yang paling banyak diklik pembaca.

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo atas pemintaan Bawaslu masih jadi perdebatan. Artikel ini juga masih membuat penasaran pembaca dan masuk barisan terpopuler. Pengelola Jurdil2019.org tak habis dengan alasan tak netral sebagai penyebab situs diblokir dan dicoret sebagai lembaga pemantau Pemilu 2019.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Selain itu, ada sejumlah artikel penting lainnya. Salah satunya terkait informasi jelang Haji 2019. Kemudian, dari kanal otomotif ada rencana produsen dari Korea Selatan membangun pabrik mobil di Indonesia. Berikut rangkuman artikel terpopuler dan penting di laman VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2019.

1. Ketua BPN Prabowo-Sandi: Kalau Kalah, Itu Pasti Direkayasa

Ketua Badan Pemenangan Nasional, Jenderal (Purn) Djoko Santoso mengklaim duet Prabowo-Sandi bisa meraup perolehan suara di kisaran 75-80 persen. Kemenangan telak versinya ini asal tak ada kecurangan yang menggerus suara pasangan nomor urut 02 itu.

Ketua tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso meninggalkan kediaman Capres Prabowo usai mengikuti pertemuan koalisi pengusung Prabowo-Sandi di kawasan Jalan Kertanegara, Jakarta

Djoko menyebut bila Prabowo-Sandi berjaya di banyak daerah seperti Banten, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur. “Jadi, dilihat kalau kalah, itu pasti direkayasa,” kata Djoko dalam syukuran dan konsolidasi dengan relawan Prabowo-Sandiaga di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Dia mengingatkan agar pendukung Prabowo-Sandi jangan sampai terprovokasi dengan melihat hasil hitung cepat atau quick count. Namun, jika memang dalam proses pemilu ditemukan kecurangan maka rakyat harus menuntut. Baca selengkapnya di sini.

2. Sindir Mahfud MD, Andi Arief: Anda Main Aman Prof, Liat Angin

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan politikus Demokrat Andi Arief kembali perang argumen di Twitter. Mereka berdebat soal syarat ambang batas partai politik dalam mengajukan calon presiden atau presidential threshold (PT) sebesar 20 persen.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD

Andi menyindir Mahfud sedang tremor karena baru menyadari kekeliruan PT sebesar 20 persen. Selain itu, saat proses pembahasan PT 20 persen yang masuk revisi UU Pemilu di DPR pada Juli 2017, Mahfud dinilai tak ada pandangan kritis. Baca lagi selengkapnya di sini.

3. Konten Tak Netral, Jurdil2019: Ada Logo Capres tapi Milik Pengguna

Situs Jurdil2019.org dinilai tak netral sebagai lembaga pemantau Pemilu 2019. Alasannya, Jurdil2019.org condong punya kedekatan dengan salah satu pasangan capres dan cawapres.

Pengelola Jurdil2019.org mempertanyakan tudingan tak netral tersebut. Mereka menegaskan pihaknya tak terafiliasi dengan salah satu pasangan capres-cawapres.

Platform Jurdil2019.org juga disebut tak ada logo atau pasangan calon salah satu capres yang menunjukkan situs tersebut tak netral. Baca lagi selengkapnya di sini

4. 5 Fakta soal Jemaah Haji Indonesia yang Terbesar dan Terbaik di Dunia

Indonesia menjadi pengirim jemaah haji terbesar di dunia usai ada penambahan kuota 10 ribu jemaah. Kuota penambahan ini diberikan Pemerintah Arab Saudi.

Jemaah haji Indonesia akan pulang ke Tanah Air

Tak hanya soal besarnya jumlah, jemaah haji Indonesia juga menerima banyak kemudahan layanan dari Arab Saudi. Sealah satunya terkait proses imigrasi sampai layanan pemondokan. Mau tahu informasi 5 fakta jemaah Haji Indonesia, klik di sini.

5. Jumlah Pabrik Mobil di Indonesia Akan Bertambah Satu

Hyundai berencana mengembangkan bisnis produknya dengan rencana membangun pabrik mobil di Tanah Air. Rencana membangun pabrik ini masih dalam tahap persiapan dan diskusi.

Hyundai Kona dipamerkan di IIMS 2019

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, rencana tersebut masih dalam tahap persiapan dan diskusi.

"Baru diskusi tentang tahapan-tahapan yang ingin dilaksanakan, seperti insentif dan tentang keputusan lokasi. Mereka masih rahasia," ujarnya di Pameran IIMS 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis 25 April 2019. Yuk, baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya