Vanessa Angel Ricuh, Koalisi Prabowo Bubar, dan Penetapan Jokowi

Aktris Vanessa Angel.
Sumber :
  • instagram @vanessaangelofficial

VIVA - Sejumlah pemberitaan mewarnai halaman situs VIVA, sepanjang Minggu 30 Juni 2019. Salah satu yang terpopuler, adalah bebasnya artis Vanessa Angel dari penjara.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Pemilik nama lengkap Vanessa Andzania itu resmi keluar dari dalam Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu pagi. Seperti diketahui, dia tersandung kasus prostitusi.

Namun, pada momen pembebasannya itu, justru terjadi kericuhan. Hal itulah, yang menjadi sorotan para pembaca VIVA.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Berita kedua yang juga menjadi perhatian adalah bubarnya koalisi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019. Partai Amanat Nasional (PAN), sebagai salah satu partai penopang koalisi tersebut pun berencana angkat kaki.

Mereka mengibaratkan, koalisi yang disebut sebagai Koalisi Adil Makmur itu sebagai sebuah penitipan. Karena penitipannya tutup, maka barang yang mereka titipkan pun mereka ambil.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Kemudian, berita ketiga adalah penetapan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019 terpilih oleh KPU. Dengan penetapan itu, kedua tokoh tersebut pun resmi menjadi pemenang dalam kontestasi yang berjalan cukup panas sebelumnya.

Selain ketiga berita itu, dua berita lainnya juga jadi perhatian para pembaca. Pertama adalah kabar yang tengah viral, yaitu seorang wanita beragama Katolik masuk masjid dengan anjingnya dan ngamuk di sana. Kedua, kondisi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang semakin membaik usai dijenguk Presiden Jokowi.

Berikut ini, lima berita terpopuler di VIVA.co.id selama Minggu, 30 Juni 2019:

1. Kericuhan Warnai Momen Bebasnya Vanessa Angel

Mantan terpidana pendistribusian foto asusila, Vanessa Andzania alias Vanessa Angel, resmi keluar dari dalam Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Medaeng, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu pagi, 30 Juni 2019. Momen keluarnya aktris FTV itu diwarnai aksi saling dorong antara pengawal atau bodyguard.

Vanessa keluar dari dalam Rutan Medaeng sekira pukul 08.00 WIB. Dia keluar dengan busana putih tulang. Begitu keluar, Vanessa langsung memeluk tantenya, Reni Setiawan, teman-temannya, dan pengacaranya, Milano Lubis. Suasana terasa haru.

Vanessa Angel keluar dari Rutan Medaeng di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Namun, momen itu seketika berubah sedikit gaduh. Penyebabnya ialah aksi berlebihan oleh para pengawal yang menempel ketat Vanessa dan rombongan, menyekat interaksi para pemburu berita dengan Vanessa.

Walhasil, para wartawan yang sejak awal berupaya untuk meminta komentar Vanessa sekeluar dari Rutan Medaeng tak maksimal. Dia hanya sempat sampaikan 'terima kasih'. Bahkan, untuk mengambil gambar pun kesulitan.

Wartawan yang kesal akhirnya bereaksi. Aksi dorong-dorongan pun terjadi. Suasana berubah gaduh.

Baca selengkapnya di sini.

2. Koalisi Adil Makmur Bubar, PAN: Penitipan Tutup, Barang Kami Ambil

Pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) terbelah soal pilihan akan bergabung dengan koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo atau justru menjadi kubu oposisi, sebagaimana diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal PAN, Faldo Maldini.

Menurutnya, penentuan sikap PAN akan ditetapkan melalui rapat kerja nasional yang dalam waktu dekat. Sikap yang nantinya dipilih adalah keputusan yang menguntungkan konstituen atau unsur-unsur dalam partai.

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Memang di internal partai PAN sendiri, juga banyak yang pengin tetap berada di barisan oposisi, tetapi yang pengin bergabung [koalisi] juga tidak sedikit," katanya di Jakarta, Sabtu 29 Juni 2019.

Dia mengaku tak mau terlalu percaya diri akan diajak oleh pemenang Pemilu Presiden 2019 untuk masuk ke pemerintahan. Sikap PAN akan diambil melalui mekanisme internal, dari pusat maupun daerah. Rakernas direncanakan digelar dalam bulan Juli.

Baca selengkapnya di sini.

3. Sah, Jokowi dan Maruf Amin Ditetapkan Presiden dan Wapres Terpilih

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU. Penetapan tersebut, berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar KPU pada hari ini, Minggu 30 Juni 2019.

Pembacaan penetapan Jokowi dan Maruf Amin sebagai presiden-wapres terpilih, dibacakan Ketua KPU, Arief Budiman. Jokowi dan Ma'ruf turut hadir dalam pleno terbuka ini.

Selain Jokowi-Ma'ruf, elite dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja turut hadir. Sedangkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang kalah di Pilpres 2019, tidak hadir dan diwakili saksi kubu 02.

Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo-KH Maruf Amin

Pleno ini digelar tiga hari pascasidang putusan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan yang diajukan Prabowo-Sandi ditolak MK.

Dengan demikian, Jokowi akan menjabat sebagai presiden untuk kedua kalinya. Pelantikan akan dilangsungkan pada Oktober 2019.

Baca selengkapnya di sini.

4. Viral, Wanita Ngamuk Bawa Anjing Masuk Masjid

Sebuah video viral seorang wanita mengamuk dan membawa seekor anjing masuk ke dalam masjid. Video yang diunggah akun Twitter @OppositeNewsID, Minggu siang, 30 Juni 2019, memperlihatkan seorang wanita berbaju putih dan celana hitam, sambil menggendong anjing masuk ke dalam masjid.

Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu, wanita tersebut nampak berbicara kepada dua pria lawan bicaranya, dengan nada keras. Ia sempat mempertanyakan suaminya yang masuk Islam dan dinikahkan di masjid tersebut.

Video wanita membawa anjing mengamuk di dalam masjid di Sentul City

Wanita tersebut, lantas memperkenalkan agamanya dan menaruh anjingnya di atas karpet masjid. Sontak, dua pria lawan bicaranya itu kaget dan mempertanyakan maksud dari tindakan konyolnya tersebut.

"Saya Katolik," ujar wanita tersebut dalam rekaman video yang beredar.

Setelah melihat pengakuan wanita tersebut yang mengaku beragama Katolik dan melepas anjingnya berkeliaran di karpet masjid, seorang pria berpakaian warna oranye, lantas mendorong si wanita dan menyuruhnya keluar masjid.

Baca selengkapnya di sini.

5. Dijenguk Jokowi, Risma Sudah Bisa Berucap 'Terima Kasih'

Kesehatan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma dilaporkan kian membaik. Ketika dijenguk Presiden Joko Widodo dan istri, Iriana Jokowi, di RSUD dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu malam, 29 Juni 2019, Risma sudah bisa berkomunikasi melalui lisan. Dia mengucapkan terima kasih kepada Jokowi.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini

Putra Risma, Fuad Benardi, mengungkapkan, selain Jokowi dan Iriana, ikut mendampingi di ruang ICU Gedung Pusat Bedah Terpadu, ruangan Risma dirawat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan istri, Emil Elistianto Dardak-Arumi Bachsin.

Fuad mengatakan, raut wajah Risma terlihat senang ketika dijenguk Jokowi. Risma juga sudah bisa diajak mengobrol. "Bu Risma tadi mengucapkan terima kasih sudah dikunjungi, dan juga mohon maaf kalau merepotkan," katanya, menceritakan suasana pertemuan Jokowi dengan Risma di ruang ICU.

Baca selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya