WNI Bikin Alat Tes COVID-19, hingga Geger Kawinan Kapolsek Kembangan

Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Ada beberapa berita yang banyak disimak pembaca VIVA pada Jumat, 3 April 2020, dan berhasil masuk dalam daftar terpopuler. Kabar pertama, yakni soal Warga negara Indonesia (WNI) bernama Santo Purnama berhasil mengembangkan alat tes mandiri (test kit) untuk Virus Corona COVID-19 hanya dalam waktu 4 bulan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Alat ini memungkinkan setiap orang untuk melakukan pengetesan di rumah masing-masing, hanya dalam waktu 10 menit. Santo mengembangkan teknologi pengetesan COVID-19 melalui perusahaannya, Sensing Self, yang berbasis di Singapura.

Disusul oleh gegernya pernikahan megah yang digelar mantan Kapolsek Kembangan, Kompol Fahrul Sudiana dengan selebgram Rica Andriani di Hotel Mulia, Jakarta, menjadi viral karena digelar di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Lalu, ada pula kesehatan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, berangsur-angsur membaik dari infeksi virus corona atau COVID-19. Sehingga, kedua pejabat publik tersebut mengucapkan terima kasih melalui video singkat maupun foto dengan keterangan yang diunggah di media sosial.

Selain tiga berita terpopuler, ada juga dua kabar lain yang tidak kalah menarik untuk disimak. Berikut daftar lengkapnya, dirangkum dalam Round Up:

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

1. WNI Sukses Bikin Alat Tes COVID-19, Kantongi Lisensi dari 3 Negara

corona virus

Warga negara Indonesia (WNI) bernama Santo Purnama berhasil mengembangkan alat tes mandiri (test kit) untuk Virus Corona COVID-19 hanya dalam waktu 4 bulan. Alat ini menganalisis enzim untuk mengetahui seseorang terinfeksi covid-19 atau tidak, sehingga bisa digunakan untuk tes massal (rapid test).

Selain itu, alat ini memungkinkan setiap orang untuk melakukan pengetesan di rumah masing-masing, hanya dalam waktu 10 menit. Santo mengembangkan teknologi pengetesan COVID-19 melalui perusahaannya, Sensing Self, yang berbasis di Singapura.

Resmi diproduksi sejak Februari tahun ini, alat rapid test Sensing Self telah mendapatkan lisensi edar dari tiga pasar penting di dunia, yaitu Eropa (mendapatkan sertifikasi CE), India (disetujui oleh National Institute of Virology dan Indian Council of Medical Research), serta Amerika Serikat (AS). Klik di sini.

2. Pesta Pernikahan Kapolsek Kembangan Berujung Mutasi

Wakapolri Gatot Eddy menghadiri pernikahan Kompol Fahrul Sudiana

Pernikahan megah yang digelar mantan Kapolsek Kembangan, Kompol Fahrul Sudiana dengan selebgram Rica Andriani di Hotel Mulia, Jakarta, menjadi viral karena digelar di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

Pelaksanaan pernikahan megah ini tetap berjalan lancar hingga selesai meski tiga hari sebelumnya, telah keluar Maklumat Kapolri terkait dengan aturan menggelar kegiatan saat wabah corona. 

Siapa saja yang melanggar maklumat itu, tentunya harus ditindak. Tak hanya Kompol Fahrul Sudiana, tapi juga seluruh anggota kepolisian yang hadir harus mendapatkan sanksi kode etik dan disiplin. Baca selengkapnya.

3. Kondisi Menhub Budi Karya dan Bima Arya Semakin Membaik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kesehatan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, berangsur-angsur membaik dari infeksi virus corona atau COVID-19. Sehingga, kedua pejabat publik tersebut mengucapkan terima kasih melalui video singkat maupun foto dengan keterangan yang diunggah di media sosial.

Menteri Budi Karya, menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas dukungan untuk menangani penyakit COVID-19 yang diderita, dan berusaha menyelesaikan masalah wabah tersebut. Kini, Budi Karya dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Klik di sini.

4. Viral Dalgona Coffee, Raisa: Itu Apa Sih Guys?

Raisa.

Virus corona atau COVID-19 membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, berbagai aktivitas pun dilakukan untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah, salah satunya yang sedang viral adalah dalgona coffee.

Saking viralnya ternyata membuat penyanyi solo wanita tanah air, Raisa sampai penasaran. Melalui twitternya pelantun Mantan Terindah ini bertanya mengenai dalgona coffee yang sedang viral dibicarakan oleh orang banyak. Baca selengkapnya.

5. Cegah Corona, WHO Rekomendasikan Bahan Ini untuk Dijadikan Masker

Hand Sanitizer dan masker

Langkanya masker di tengah wabah virus corona COVID-19, membuat banyak orang harus lebih kreatif. Karena sulitnya mendapatkan masker bedah, belakangan banyak orang memilih untuk menggunakan masker kain yang bisa dibuat sendiri di rumah. Namun, bahan seperti apa yang bisa dijadikan untuk masker?

Sebuah studi terbaru dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menunjukkan bahwa virus dapat menjangkau jarak sejauh 6 meter, bahkan hingga 8 meter melalui bersin. Angka ini lebih tinggi dari dugaan sebelumnya. Klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya