Jokowi Naikkan Lagi Iuran BPJS, hingga Roy Kiyoshi Diketawai Polisi

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Sumber :
  • Instagram: Joko Widodo

VIVA – Beragam berita menarik disajikan VIVA.co.id pada Rabu 13 Mei 2020. Ada sejumlah berita yang menjadi sorotan pembaca.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Salah satunya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan iuran BPJS Kesehatan secara bertahap. 

Bukan tanpa alasan, sebab Hal tersebut dilakukan meski Mahkamah Agung sebelumnya telah membatalkan kebijakan kenaikan iuran sebelumnya pada Maret 2020. 

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Selain itu, peneliti senior Indef, Dradjat Wibowo mendorong pemerintah untuk bisa menugaskan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di sektor industri obat atau farmasi. Tujuannya agar, vaksin virus Corona bisa segera ditemukan.

Menurutnya, apabila Indonesia mampu memproduksi vaksin dan obat pencegah COVID-19, akan terlepas dari ketergantungan kepada negara lain dalam hal pencegahan dan pengobatan wabah mematikan ini.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

Selain kedua berita tersebut, ada juga berita yang tak kalah menarik seperti Roy Kiyoshi diketawai polisi karena mengaku diganggu makhluk halus. Kemudian, polisi berhasil menangkap pedagang daging babi yang menyulapnya menjadi daging sapi palsu di daerah Kabupaten Bandung.

Nah, dari ulasan di atas, berikut daftar lengkapnya berita menarik yang paling disorot pembaca, dirangkum dalam Round Up.

1. Jokowi Naikkan Lagi Iuran BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kenaikan iuran BPJS Kesehatan secara bertahap. Hal tersebut dilakukan meski Mahkamah Agung sebelumnya telah membatalkan kebijakan kenaikan iuran iuran sebelumnya pada Maret 2020. 

Kebijakan itu ditetapkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Beleid itu dia tandatangani atau ditetapkan pada 5 Mei 2020.

Pada Pasal 34 perpres tersebut, mulanya disebutkan bahwa iuran BPJS Kesehatan yang ditetapkan sebesar Rp42 ribu sejak 1 Agustus 2019 bagi penerima bantuan iuran (PBI). Besaran itu disamakan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) maupun Bukan Pekerja (BP) di ruang perawatan kelas III. Selengkapnya baca di sini.

2. Jika Ini Ditemukan, Penularan Virus Corona Diperkirakan Bakal Setop

Miliarder sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates, sudah memprediksi bahwa dunia tidak siap menghadapi pandemi Virus Corona COVID-19 sejak jauh-jauh hari.

Gates mengatakan, bahwa industri farmasi tidak pernah mengembangkan vaksin baru dalam waktu kurang dari lima tahun. Ungkapan Gates itu direspons oleh peneliti senior Indef, Dradjat Wibowo.

Dia mendorong pemerintah untuk bisa menugaskan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di sektor industri obat atau farmasi. Dengan begitu vaksin tersebut bisa segera ditemukan dan diproduksi secara massal. Klik di sini untuk selengkapnya.

3. Mengeluh Diganggu Mahluk Halus, Roy Kiyoshi Diketawai Polisi

Roy Kiyoshi dikenal sebagai orang yang punya kelebihan atau memiliki indra keenam. Menurut sang pengacara, Henry Indraguna hal itu tetap berlangsung meski Roy Kiyoshi di dalam penjara. Roy Kiyoshi sulit tidur karena sering diganggu mahluk halus di sana.

Terkait hal ini, Henry coba mengadukan ke pihak penyidik. Hasilnya tak seperti yang diharapkan. Penyidik justru tertawa karena mendengar aduan seperti itu.Mau tahu informasi lengkapnya? Baca di sini.

4. Pelaku Pembuat 63 Ton Daging Sapi Palsu dari Babi Diciduk Polisi

Pedagang daging babi yang menyulapnya menjadi daging sapi palsu di daerah Kabupaten Bandung, Jawa Barat berhasil diciduk aparat kepolisian. Ternyata, pelaku sudah mengedarkan 63 ton daging celeng di wilayah Bandung Raya.

Bupati Bandung, Dadang M Naser tidak mau disebut kecolongan dengan adanya pedagang yang menjual daging babi yang disulap menjadi daging sapi di daerahnya.

Justru, kata Dadang, ini sebuah kewaspadaan dari kepolisian. Beruntung, sebelum beredar banyak pelaku sudah tertangkap. Untuk mengetahui lebih lanjut klik di tautan ini ya

5. BIN Langsung Cekatan Amankan Mata-mata Aria-body China yang Sesat

Badan Intelijen Negara (BIN) sudah mengetahui adanya serangan siber yang dilakukan melalui perangkat mata-mata Aria-body asal China. Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto mengaku sudah melakukan pengamanan terukur terhadap serangan tersebut.

Ia menjelaskan jika serangan siber bisa dari mana saja dan semua negara memiliki kepentingannya masing-masing. Wawan menuturkan jika Indonesia menyadari potensi adanya serangan. Maka dari itu, informasi yang bersifat rahasia akan ditempatkan pada posisi tidak rentan untuk diretas ataupun disadap. Untuk mengetahuinya baca selengkapnya di sini

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya