Dr Terawan Dipecat, Dada Ayu Ting Ting, dan Puisi Sukmawati

Terawan Agus Putranto (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Dipecatnya Dr. dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K) dipecat sementara oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menjadi artikel paling banyak dibaca VIVA pada Selasa, 3 April 2018. Pemecatan Terawan dari keanggotaan IDI terhitung sejak 26 Februari 2018-25 Februari 2019.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu dinilai melakukan pelanggaran etika kedokteran karena metode penyembuhan cuci otak atau brain flushing untuk stroke yang dilakukannya. Kalangan profesional menilai, praktik cuci otak tersebut tidak berbasis penelitian ilmiah.

Namun, Terawan yakin bahwa temuannya sudah terbukti secara ilmiah melalui disertai berjudul “Efek Intra Arterial Heparin Flushing Terhadap Regional Cerebral Blood Flow, Motor Evoked Potentials, dan Fungsi Motorik pada Pasien dengan Stroke Iskemik Kronis". Direktur Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ini sudah meneliti 75 pasien stroke iskemik yang berobat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Bahkan, metode pengobatan tersebut telah diterapkan di Jerman dengan nama paten 'Terawan Theory’.

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Sementara di peringkat kedua, berita yang paling banyak dibaca adalah soal Ayu Ting Ting. Foto yang diunggah ibunda Bilqis Khumairah Razak dalam akunnya di media sosial kembali menjadi sorotan.

Dalam foto tersebut, Ayu berpose dengan pedangdut senior Iis Dahlia. Ayu mengenakan gaun strapless warna biru. Untuk menutupi belahan dadanya, Ayu menutupnya dengan tangan kiri, di mana pada jari manisnya tersemat sebuah cincin. Namun, warganet lebih fokus pada gaun yang dikenakan dibanding dengan cincinnya.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Berita berikutnya yang menjadi sorotan pembaca VIVA soal puisi Sukmawati Soekarnoputri. Puisi berjudul 'Ibu Indonesia' pada acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018, menuai kontroversi.

Ustaz Haikal Hasan, Sekjen Penanggulangan Penodaan Agama, menyesalkan puisi yang dibacakan Sukmawati. Itu lantaran puisi itu kental dengan unsur SARA, menyinggung umat Islam dengan membanding-bandingkan suara kidung lebih merdu dari alunan azan.

Selain tiga berita itu, ada soal berita Gerindra yang menolak Gatot Nurmantyo menjadi calon presiden dari partainya dan perempat final Liga Champions, di mana Juventus akan menjamu Real Madrid. Berikut ini daftar lengkap lima isu terhangat di VIVA sepanjang Selasa, 3 April 2018.  

1. Majelis Etik IDI Pecat Penemu Cuci Otak Dokter Terawan

Dr Terawan AP

Metode “cuci otak” untuk mengobati pasien stroke yang dipraktikkan DR dr Terawan Agus Putranto menuai kontroversi.

Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyatakan, Dr. dr Terawan terbukti melakukan pelanggaran etik kedokteran yang berat. MKEK IDI memecat sementara (selama setahun) Terawan sebagai anggota IDI.

Menurut surat berkop Pengurus Besar IDI,  pemecatan terhadap dokter tentara yang kini menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto Jakarta itu terhitung sejak tanggal 26 Februari 2018. Sanksi keras itu diteken langsung oleh Ketua MKEK Prof Prijo Sidipratomo tanggal 12 Februari 2018.

Dalam surat keputusannya IDI mengumumkan bahwa Dr Terawan terbukti, dengan sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran etik. Dengan bukti tidak kooperatif, dengan melakukan niat penolakan untuk hadir di persidangan MKEK sebagai lembaga penegak etika kedokteran. Hal itu dinilai menghalangi sidang dan bentuk pelanggaran berat.

Baca selengkapnya di sini

2. Pamer Cincin, Bagian Dada Ayu Ting Ting Jadi Sorotan

Ayu Ting Ting.

Ayu Ting Ting memang tak pernah lepas dari sorotan warganet. Apapun yang dilakukan Ayu selalu berhasil menyita perhatian penghuni media sosial. Termasuk salah satu foto yang diposting Ayu dalam akun Instagram miliknya, beberapa waktu lalu.

Dalam foto tersebut, Ayu berpose dengan pedangdut Iis Dahlia. Ayu mengenakan gaun berwarna biru yang bagian dadanya tampak rendah.

Meski demikian, di foto tersebut, Ayu menutupi bagian atasnya dengan tangan kirinya. Ada sebuah cincin yang melingkar di jari manis pedangdut asal Depok ini. Sayangnya, warganet tak terlalu fokus dengan cincin yang dipakai Ayu. Mereka justru membahas baju Ayu yang terbuka di bagian atasnya.

Baca selengkapnya di sini

3. Puisi Sukmawati Disoal, Kenapa Harus Singgung Azan?

Ketua Umum PNI Marhaenisme Sukmawati Soekarnoputri.

Puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul 'Ibu Indonesia' di acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018, menuai kontroversi. Pasalnya, dari bait puisi yang dibacakan putri Proklamator RI itu menyinggung-nyinggung syariat Islam, seperti azan dan cadar.

Ustaz Haikal Hasan, yang juga Sekjen Penanggulangan Penodan Agama, menyesalkan puisi yang dibacakan Sukmawati kental dengan SARA, menyinggung umat Islam dengan membanding-bandingkan suara kidung lebih merdu dari alunan azan.

Menurut Haikal, Sukmawati tidak mampu membandingkan sesuatu dengan wajar. Seni yang digambarkan dalam sebuah puisi harusnya dibandingkan dengan seni, bukan dengan sesuatu yang sakral apalagi menyangkut keyakinan beragama.

Baca selengkapnya di sini

4. Gerindra Tolak Gatot Jadi Capres dan Minta Pilih Partai Lain

Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Ketua DPP Partai Gerindra, Nizar Zahro, menepis kabar mantan Panglima TNI Jenderal, Gatot Nurmantyo akan menjadi calon presiden dari partainya. Ia memastikan Partai Gerindra akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu 2019 mendatang.

"Semua sudah tahu bahwa DPD dan DPC seluruh Indonesia, memberikan mandat kepada Pak Prabowo sebagai calon presiden. Apakah Pak Gatot maju dari Gerindra, lihat faktualnya aja. DPC dan DPC seluruh Indonesia sudah mengusulkan Ketua Dewan Pembina kita sebagai Capres 2019," kata Nizar saat di hubungi, Senin 2 April 2018.

Meski begitu, anggota Komisi V DPR RI mempersilakan Gatot Nurmantyo maju sebagai calon presiden dari partai lain. Karena, semua warga negara mempunyai hak yang sama untuk menjadi calon presiden.

Baca selengkapnya di sini

5. Jamu Real Madrid, Juventus dalam Kondisi Pincang

Striker Juventus, Mario Mandzukic dan Miralem Pjanic.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tak bisa leluasa meramu strategi saat menjamu Real Madrid dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Juventus Arena, Rabu dini hari WIB 4 April 2018. Sebab, pemain andalannya banyak yang absen.

Dikutip dari WhoScored, Miralem Pjanic dan Medhi Benatia tak bisa diturunkan. Keduanya sedang dalam hukuman akumulasi kartu kuning.

Selain itu, Mario Mandzukic masih bergulat dengan cedera. Hingga latihan terakhir tim, pemain asal Kroasia tersebut tak kunjung bergabung.

Baca selengkapnya di sini

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya