Ustaz Abdul Somad Diancam hingga Telegram Polri soal Pendukung Capres

Ustaz Abdul Somad
Sumber :
  • ANTARA Foto/Feny Selly

VIVA – Publik di Tanah Air rupanya dibuat melirik perenang cantik asal Jepang, Rikako Ikee. Bagaimana tidak, tak hanya cantik, namun Ikee juga punya prestasi bagus.

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Dalam gelaran Asian Games 2018 lalu, Ikee sukses menyabet delapan medali. Di antaranya enam medali emas, dan dua medali perak. Tak pelak, dia pun terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018.

Keberhasilan ini memberi kenangan yang sangat indah untuknya dan tak dapat terlupakan. Ikee dalam keterangannya pun berjanji bakal kembali ke Indonesia. Setidaknya berita itulah yang paling populer di laman VIVA, sepanjang Senin 3 September 2018.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Berita terpopuler kedua datang dari terbitnya telegram dari Mabes Polri kepada jajarannya yang menjabat sebagai direktur intelijen dan keamanan (dirintelkam) di Kepolisian satuan wilayah tingkat daerah atau Kepolisian Daerah (Polda) untuk menyikapi sejumlah aksi deklarasi dalam bentuk tagar pendukung calon presiden (capres).

Arahan itu diterbitkan dalam bentuk Surat Telegram bernomor STR/1852/VIII/2018 tertanggal 30 Agustus 2018 dan ditandatangani oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri Komisaris Jenderal Lutfi Lubihanto.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, kegiatan menyampaikan aspirasi dan unjuk rasa memang diatur oleh UU Nomor 9 tahun 1998. Namun dalam Pasal 6 beberapa poin harus dipedomani oleh setiap orang yang akan menyampaikan aspirasi.

Terpopuler ketiga, datang dari ustaz kondang Abdul Somad. Ustaz yang punya banyak jemaah ini menyatakan membatalkan janji-janjinya untuk menghadiri tausiah yang bakal digelar di beberapa kota di Pulau Jawa.

Pembatalan janji itu diungkapkan Ustaz Abdul Somad dalam keterangan tertulis di Instagramnya. Dalam keterangan itu, Ustaz Somad menyebut kata ancaman dan intimidasi terkait rencana kedatangannya itu.

Berikut lima berita terpopuler di VIVA, sepanjang Senin 3 September 2018:

1. Perenang Cantik Jepang Janji Kembali ke Indonesia

Perenang Jepang Rikako Ikee saat tampil di Asian Games 2018

Perenang cantik asal Jepang, Rikako Ikee, mengaku ingin kembali ke Indonesia. Dia memiliki banyak kenangan manis selama Asian Games 2018.

Seperti diketahui, Ikee terpilih menjadi Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018. Dia tampil fenomenal dengan menyabet delapan medali, dengan rincian enam medali emas dan dua medali perak.

Tentunya, keberhasilan ini memberi kenangan yang sangat indah untuknya dan tak dapat terlupakan. Maka itu, dia berjanji bakal kembali ke Indonesia.

"Saya berpikir untuk kembali lagi ke sini. Indonesia telah menjadi salah satu negara yang memberi banyak kenangan indah bagi saya. Saya senang berada di sini," ujar perenang 18 tahun kepada wartawan.

Kesuksesan Ikee meraih predikat MVP membuatnya diganjar bonus uang sebesar 50 ribu dollar AS atau setara Rp736 juta. Baca Selengkapnya.

2. Terbit Telegram Polri Soal Aksi Massa Tagar Pendukung Capres

Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto, Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri

Polri menerbitkan arahan kepada jajaran anggota yang menjabat sebagai direktur intelijen dan keamanan (dirintelkam) di Kepolisian satuan wilayah tingkat daerah atau Kepolisian Daerah (Polda) untuk menyikapi sejumlah aksi deklarasi dalam bentuk tagar pendukung calon presiden (capres).

Arahan itu diterbitkan dalam bentuk Surat Telegram bernomor STR/1852/VIII/2018 tertanggal 30 Agustus 2018 dan ditandatangani oleh Kepala Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri Komisaris Jenderal Lutfi Lubihanto.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, kegiatan menyampaikan aspirasi dan unjuk rasa memang diatur oleh UU Nomor 9 tahun 1998. Namun dalam Pasal 6 beberapa poin harus dipedomani oleh setiap orang yang akan menyampaikan aspirasi.

Menurutnya, ada lima poin yang harus dipedomani oleh setiap orang yang akan menyampaikan aspirasi. Pertama, dalam menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggung jawab untuk menghormati hak dan kebebasan orang lain.

"Kedua, menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum. Ketiga, menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keempat, menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum. Kelima, menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Setyo pada Senin, 3 September 2018.

Jika salah satu hal tersebut tak terpenuhi, lanjut Setyo, aparat Kepolisian berhak untuk membubarkan penyampaian pendapat aspirasi. Baca Selengkapnya.

3. Ada Ancaman, Ustaz Somad Batalkan Semua Janji Ceramah di Jawa

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad menyatakan membatalkan janji-janjinya untuk menghadiri tausiah yang bakal digelar di beberapa kota di Pulau Jawa. Pembatalan janji itu diungkapkan Ustaz Abdul Somad dalam keterangan tertulis di Instagramnya.

Dalam keterangan itu, Ustaz Somad menyebut kata ancaman dan intimidasi terkait rencana kedatangannya itu.

Berikut keterangan Ustaz Somad:

"Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan, dan lain-lain terhadap taushiyah di beberapa daerah seperti di Grobogan, Kudus, Jepara dan Semarang. Beban panitia yang semakin berat. Kondisi psikologi jamaah dan saya sendiri.

Maka, saya membatalkan beberapa janji di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta:

1. September di Malang, Solo, Boyolali, Jombang, Kediri.

2. Oktober di Yogyakarta.

3. Desember janji dengan Ustadz Zulfikar di daerah Jawa Timur.” Baca Selengkapnya.

4. Foto Bunga Citra Lestari dan Siwon Super Junior yang Bikin Marah

Choi Siwon Super Junior dan BCL.

Bunga Citra Lestari, salah satu artis yang ikut memeriahkan acara penutupan Asian Games 2018. BCL, begitu artis ini biasa dikenal membawakan dua lagu.

Selain BCL, boyband Korea Selatan, Super Junior juga ikut memanaskan panggung yang digelar di Gelora Bung Karno, Minggu 2 September 2018 tersebut.

Kesempatan ini tak dilewatkan BCL untuk berfoto bersama dengan personel Super Junior. Dalam akun Instagram miliknya, BCL tampak berfoto dengan Siwon. Foto keduanya sangat rapat. Dua artis ini saling tersenyum menatap kamera.

Sejumlah reaksi muncul melihat postingan 'mesra' BCL dengan Siwon. Bahkan, tanpa ragu sejumlah warganet mengaku marah.

"Ku ingin marah melampiaskan tp ku hanyalah sendiri disini," kata salah satu warganet yang menggunakan lirik lagu Kecewa milik BCL. Baca Selengkapnya.

5. Usai Bawa Liverpool Menang, Sadio Mane Bersihkan Toilet Masjid

Winger Liverpool, Sadio Mane

Bintang Liverpool, Sadio Mane, menjadi viral di dunia maya, akhir pekan lalu. Sebab, dia dikabarkan membersihkan toilet masjid terdekat usai pertandingan.

Sane menyumbang satu dari dua gol The Reds kala menaklukkan Leicester City 2-1 di ajang Premier League di King Power Stadium, Sabtu, 1 September 2018.

Seperti dilansir Mirror, usai laga, dia kemudian mengunjungi masjid di Kota Liverpool. Dia bahkan turut membantu membersihkan toilet dan area wudhu.

Kabar ini mencuat seiring video pendek yang beredar di twitter yang diunggah akun @khalillaher. Unggahannya ini pun mendapat 8.177 retweet dan 15.881 likes.

"Pemain Liverpool Sadio Mane membersihkan toilet dan area wudhu masjid. Masya Allah," tulis @khalillaher dalam video unggahannya. Baca Selengkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya