Logo BBC

Perempuan Musisi AS Bentuk Grup Keroncong dan Pentas di Solo

Hannah Standiford, musisi asal Amerika Serikat yang turut membentuk grup musik keroncong. - Fajar Sodiq
Hannah Standiford, musisi asal Amerika Serikat yang turut membentuk grup musik keroncong. - Fajar Sodiq
Sumber :
  • bbc

Penggalan lirik lagu keroncong berjudul karya mendiang Gesang itu dilantunkan oleh penyanyi keroncong asal Amerika Serikat, Hannah Standiford.

Perempuan ini merupakan salah satu dari enam musisi yang tergabung ke dalam grup musik keroncong asal AS bernama `Rumput Band`.

Selain Hannah, ada Andy McGraw yang memainkan instumen cello, Kyle Dosier (cuk), John Priestley (gitar), Paul Wilson (biola), Nat Quick (bass). Mereka tampak lincah dan luwes memainkan alat musik tersebut sembari mengiringi lagu-lagu keroncong langgam Jawa.

Sekitar 100 penonton yang duduk lesehan maupun berdiri di depan Panggung Gesang, Resto Omah Sinten, Ngarsopuro, Solo pun tampak menikmati alunan keroncong yang dinyanyikan grup itu.

Di samping lagu , Hannah menyanyikan lagu langgam Jawa lainnya yang pernah dinyanyikan maestro keroncong, Wadjinah, berjudul, . Ia juga menyanyikan lagu keroncong berbahasa Indonesia dengan judul

Meskipun logat bahasa Jawanya belum bisa kental dalam mengucapkan lirik-lirik tersebut, namun ia berhasil menghipnotis penonton yang hadir dengan kepiawaiannya menyanyi sembari memainkan cak.

Para penonton bertepuk tangan riuh setiap kali orkes keroncong itu rampung membawakan sebuah lagu.

Cerita rakyat Amerika

Dalam pentas itu, Rumput Band juga berkolaborasi dengan pentas ` `, semacam wayang beber. Kain bergambar panorama itu dimainkan dengan cara diputar, sedangkan di bagian tengahnya disorot lampu serta terdapat gerakan bayang-bayang seperti dalam pentas wayang kulit.