Perjalanan Ustaz Arifin Ilham, Dirikan Majelis Hingga Lawan Penyakit

Ustaz Arifin Ilham
Sumber :
  • Instagram/kh_m_arifin_ilham

VIVA – KH Muhammad Arifin Ilham atau lebih dikenal dengan sebutan Ustaz Arifin Ilham merupakan seorang salah satu pendakwah asal Indonesia. Lahir di Banjarmasin pada 8 Juni 1969, ia telah memiliki banyak jemaah yang tidak hanya tersebar di Indonesia, tapi juga luar negeri.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Arifin adalah anak kedua dari lima bersaudara, sekaligus anak laki-laki semata wayang dari pasangan Ilham Marzuki dan Nurhayati.

Arifin Ilham memiliki ciri khas tersendiri ketika berdakwah, dengan suara serak-serak basah. Berkat suaranya yang terdengar menghanyutkan, mampu membuat jemaahnya menitikan air mata setiap kali mendengarnya berzikir.

Top Trending: Bobon Santoso Tantang BEM UI hingga Warga Turki Tak Mengenal Nama Waktu Shalat

Arifin memiliki majelis zikir yang diberi nama Az-Zikra. Majelis tersebut pertama kali diperkenalkan pada 1997 dan berlokasi di Depok. Sejak 7 Juni 2009, Majelis Zikir Az-Zikra dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Melansir laman Az-Zikra, dengan dibangunnya majelis tersebut diharapkan dapat membuat proses dakwah menjadi lebih efektif dan terstruktur.

Selain Majelis, Arifin Ilham juga membangun Masjid Az-Zikra yang berlokasi di Desa Cipambuan, Sentul, Jawa Barat. Masjid ini berada di dalam kompleks perumahan Bukit Az-Zikra dengan nuansa Islami. Keseluruhan biaya pembangunan masjid ini ditanggung oleh World Islamic Call Society (WICS), organisasi dakwah Islam dunia yang berpusat di Libya. 

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

Sosok Arifin sempat menjadi perbincangan publik karena keputusannya untuk berpoligami. Semasa hidupnya, Ustaz ini telah menikah sebanyak tiga kali. Pernikahan pertamanya dilangsungkan pada 1998 dengan seorang wanita bernama Wahyuniati Al-Waly.

Pasangan ini dikaruniai dua anak laki-laki bernama Muhammad Alvin Faiz dan Muhammad Amer Azzikra. Dua tahun lalu, anak sulungnya memutuskan untuk menikah muda dengan seorang mualaf bernama Larissa Chou. Arifin Ilham telah memperoleh satu orang cucu. 

Selang 12 tahun setelah pernikahan pertamanya, Arifin Ilham kembali mengucap janji suci di tahun 2010 dengan wanita bercadar bernama Ummu Hifzhiya atau Umi Rania yang berasal dari Yaman.

Istri ketiganya merupakan seorang janda beranak dua yang berasal dari Tanah Sunda. Namanya adalah Umi Akhtar. Belum lama ini, Ustaz Arifin Ilham dikaruniai anak kedelapan dari ketiga istrinya pada 2 April 2019 lalu.

Ustadz Arifin Ilham selama ini memang terang-terangan melakukan poligami. Dia pun hidup rukun meski memiliki tiga istri.

Untuk riwayat penyakitnya, Ustaz Arifin Ilham sudah sejak lama berjuang melawan kanker getah bening dan kanker nasofaring, sejak tahun lalu. Ia pun memutuskan untuk melakukan pengobatan intensif di Rumah Sakit Penang Malaysia, setelah sempat mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Pada Rabu, 22 Mei 2019, Arifin Ilham menghembuskan napas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Penang, Malaysia. (ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya