Logo BBC

80 Tahun Marvel: Pernah Jual Komik Rp15 Miliar dan Nyaris Bangkrut

- Marvel Comics
- Marvel Comics
Sumber :
  • bbc

Untuk usia 80 tahun, yang satu ini masih segar bugar: menembakkan laser dari matanya, bertualang di luar angkasa, dan menyelamatkan dunia dalam baju robot.

Tapi "pensiunan" ini adalah Marvel Comics, yang merayakan ulang tahunnya pekan ini; dan seperti Captain America - yang bertempur di Perang Dunia 2 - ia tidak menua seperti kita semua.

Marvel menerbitkan pada 1939, dan sekarang menjadi salah satu nama terbesar di industri hiburan.

Film-film terbaru yang diangkat dari komik Marvel seperti Captain Marvel dan Avengers: Endgame masing-masing meraup lebih dari satu miliar dolar dalam penjualan tiket di seluruh dunia.

Bukan hal buruk bagi perusahaan yang hampir bangkrut di tahun 1990-an.

` Jagoan yang seperti orang biasa `

Pada masa-masa awal, Marvel bernama Timely Comics dan menampilkan jagoan super seperti Submariner alias Namor, petualang bawah laut yang masih muncul dalam komik saat ini, dan Human Torch — versi awal dari karakter yang akan menjadi bagian dari The Fantastic Four.

Tetapi baru pada tahun 1960-an lah mereka mulai dikenal luas.

"Pada masa itu, jagoan super telah ada selama beberapa dekade," kata Chris Murray, profesor studi komik di University of Dundee, kepada Radio 1 Newsbeat.

"Batman, Superman, dan Wonder Woman sudah hadir cukup lama saat itu, dan mereka seperti generasi lama."

Ketiga tokoh tersebut diterbitkan oleh DC Comics, salah satu dari "the big two" - julukan bagi dua penerbit komik terbesar - dan masih merupakan pesaing terbesar Marvel saat ini — walaupun ada banyak penerbit kecil lainnya.

"Apa yang dilakukan Marvel pada tahun 1960-an adalah menciptakan jajaran pahlawan yang berbeda, yang lebih seperti orang biasa, mereka adalah pahlawan yang punya kekurangan.