Cuma dengan Menggambar, Hamish Daud Bisa Lindungi 15 Satwa Laut

Hamish Daud merasa terpanggil untuk menjaga kondisi laut Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/ Diza Liane

VIVA – Indonesia kerap mendapat sebutan Marine Mega Biodiversity terbesar di dunia. Alasannya wilayah laut Ibu Pertiwi menjadi rumah bagi 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang.

Deretan Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

Meski demikian, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menetapkan 15 spesies binatang laut saat ini dalam keadaan terancam punah dan butuh perlindungan, mulai dari Hiu, Pari, Paus, Penyu, Kuda Laut, Dugong, Arwana, Kima, Terubuk, Banggai Cardinal Fish, Karang Hias, Bambu Laut, Lola, Cucut Lanjaman, dan Napoleon.

Kondisi ini mendapat perhatian dari artis Hamish Daud. Dia mengatakan, kekayaan laut Indonesia sebenarnya sangat banyak terlebih dengan luasnya laut Indonesia yang mencapai 70 persen dari total luas wilayah. 

Raisa Tampil Memesona di Grammy Awards, Cantiknya Gak Ada Obat!

Suami dari penyanyi Raisa itu menyebut, bahwa laut Indonesia adalah masa depan bagi pembangunan kesejahteraan bangsa lantaran menyimpan potensi ekonomi yang besar, serta rumah bagi beraneka ragam binatang laut.

Baca juga: Jadi ayah, Onadio Leonardo akui banyak berubah

CEO Octopus Ngaku Mau Tanggung Jawab, Tegaskan Hamish Daud Tak Terlibat Masalah Gaji Karyawan

"Tapi keberadaan binatang-binatang laut saat ini sedang terancam karena aktivitas pembuangan limbah plastik, perburuan dan penangkapan ikan, perdagangan ilegal, serta eksploitasi yang merusak habitat laut," ujarnya di Jakarta, Sabtu 12 Oktober 2019.

Hamish yang merupakan Pendiri Yayasan Indonesia Ocean Park mengatakan, binatang-binatang laut memiliki peran signifikan dalam menjaga keutuhan dan kelestarian ekosistem laut. Kegemarannya dalam mengeksplorasi keindahan laut, membuat dia merasa prihatin dengan kehidupan binatang laut saat ini.

"Jika binatang-binatang laut terancam, maka kesehatan laut juga turut terancam. Hal ini tentunya berdampak langsung pada sektor ekonomi bangsa, seperti perikanan dan pariwisata," ucapnya.

Untuk itu, Dia merasa perlu ikut andil dalam kolaborasi bersama Sorak Gemilang Entertainment Live melalui karya seni digital yang terdapat di ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’, dengan cara memberi tanda mata berupa gambar ikan laut Indonesia yang terancam punah di T-Shirt hasil karyanya sendiri. 

Tanda mata karya Hamish Daud tersedia dalam bentuk T-Shirt dengan 3 pilihan gambar, yakni Tuna Sirip Biru (Bluefin Tuna), Hiu Martil (Hammerhead Shark), dan Humphead Parrotfish. Pengunjung dapat memilih gambar ikan laut, kemudian gambar akan dicetak di atas T-Shirt, mulai 11 Oktober sampai 11 November 2019.

Pengunjung bisa ikut serta memberikan donasi, dan memperoleh tanda mata dari Hamish Daud dengan syarat membeli minimal 2 tiket, untuk membeli maksimal 2 kaos pre-order dengan harga satuan Rp199 ribu. Keuntungan dari penjualan kaos akan didonasikan seluruhnya kepada IOP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya