Pemerintah Beri Dana Bantuan untuk Pekerja Seni Terdampak Corona

Pentas musik rock 24 jam nonstop di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA / Daru Waskita (Yogyakarta)

VIVA – Virus corona yang telah ada di Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu, berdampak besar terhadap kehidupan masyarakat, termasuk dalam sektor kesenian. Menurut Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid dalam sebuah diskusi daring siang hari ini tercatat sudah ada 40.081 pekerja seni yang terdampak corona dan telah terdaftar di situs Ditjen Kebudyaan. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Selain itu, setidaknya ada 181 event yang harus dibatalkan per April ini akibat pandemi COVID-19. 

"Secara umum, riset yang sudah dilakukan Koalisi Seni Indonesia ada 181 event yang batal diselenggarakan per April ini," kata dia, Selasa 7 April 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Menurut Hilmar, dengan adanya social distancing kegiatan yang dihadiri banyak pengunjung dibatalkan sebagai bentuk pencegahan penyebaran COVID-19.

"Hitungan saya jauh lebih besar. Semua kabupaten, kota punya ulang tahun, setiap ulang tahun pasti ada pentas, ada mobilitas seniman, dampaknya menurut hitungan saya level penghasilan Rp10 juta ke bawah akan besar karena mereka enggak ada job. Kalau dulu sebulan dua kali bisa dapat honor, ini enggak ada," lanjut dia.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Untuk itu Ditjen kebudayaan memiliki cara untuk memberikan perlindungan khususnya bagi pekerja seni yang terdampak dari wabah corona. Salah satunya dengan program bantuan yang dilakukan dengan berkoordinasi bersama kementerian lain seperti Kementerian PMK Kementerian Sosial, dan Kementerian Perekonomian.

"Ini ada dua kriteria, kriteria pertama mereka yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta, tidak punya pekerjaan selain di bidang seni, sudah berkeluarga dan belum mendapat bantuan sosial. Nanti datanya sudah ada masuk hingga saat ini 40 ribuan nanti kita seleksi ketat mulai dari nama, alamat, NIK dan bukti karya. Nanti akan dikoordinasikan dengan kemenko PMK dan Kemensos selanjutnya diproses," jelas dia.

Selanjutnya, untuk kriteria kedua, adalah mereka yang berpenghasilan di bawah Rp10 juta, tidak ada pekerjaan lain, belum berkeluarga dan belum mendapat bantuan sosial akan mendapat kartu prakerja. 

"Kenapa beda, ini beda fasilitas untuk program keluarga harapan, ini Kemensos satu lagi program prakerja di Kementerian Perekonomian," jelas dia.

Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengizinkan beberapa seniman untuk melakukan pertunjukan secara daring. Melalui website yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan para seniman ini bisa menyambung hidup mereka dengan melakukan pertunjukan melalui daring.

"Kita mengembangkan satu platform yang online di YouTube, akun budaya. Nanti mereka yang berpenghasilan lebih dari Rp10 juta dan memiliki akses internet saya ajak berkegiatan pentas, buka master class semacam training atau pelatihan publik melalui channel itu," kata dia. 

Hilmar menjelaskan, dengan adanya channel itu diharapkan bisa meringankan kondisi para pekerja seni di tengah pandemi corona ini. Selain itu, pihaknya juga telah bekerja sama dengan stasiun televisi milik pemerintah, TVRI dan para pekerja seni untuk membuat sebuah program edutainment yang dapat dinikmati mulai bulan ini hingga tiga bulan ke depan.

"Intinya mendidik tapi juga menghibur, dan bekerja sama dengan talent sekaligus memberi akses memastikan pekerja kreatif tidak kehilangan pekerjaan mereka," kata dia.

Untuk jadwal siaran dimulai pukul 08.00 hingga 21.00.  

"Acara pagi ada program untuk PAUD, SD kelas 1 dan 3, 4 hingga 6, SMP, SMA, dan acara keluarga, parenting edutaiment, pemutaran film anak dan katergorinya," jelas dia.

Sejauh ini ada sekitar 40.081 pekerja seni yang sudah terdaftar oleh Ditjenbud yang terdampak dari wabah corona. Nantinya, mereka akan diberikan bantuan oleh Dirjen Kebudayaan melalui dana yang tersedia dengan bekerjasama dengan kementerian lainya seperti kementerian sosial, kementerian perekonomian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya