Kristina Akui Terima Cek dari Al Amin

VIVAnews - Pedangdut Kristina Riswandari mengaku menerima tiga lembar cek senilai Rp 75 juta dari suaminya, Al Amin Nasution. Cek itu diduga terkait kasus suap alih fungsi hutan Tanjung Api-api.

"Saya terima dua kali," kata Kristina di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat, 28 November 2008. Menurut Kristina cek itu diterima di Bandara sebelum Al Amin berangkat ke Jambi pada November hingga Desember 2006.

Keterangan ini disampaikan Kristina saat bersaksi dalam kasus yang menjerat suaminya Al Amin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Mantan anggota Komisi Kehutanan Dewan Perwakilan Rakyat itu diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi alih fungsi hutan di Kabupaten Bintan, dan di Tanjung Air Telang, Sumatera Selatan.
 
Menurut Kristina, uang tersebut digunakan untuk membiayai pernikahan. Cek itu, kata dia, tidak disita oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Cek tersebut, dia melanjutkan, dicairkan oleh adik, Silvia Wiharjanti. "Saya cairkan di Bank Mandiri Kelapa Gading," jelas Silvia.
 
Silvia juga mengaku pernah makan bersama di Hotel Classic Pecenongan. "Bang Amin bertemu dengan teman-temannya, kita sering ditinggalkan," kata dia. Menurut Silvia, dia datang dan pergi bersama Kristina. "Sekitar 45 menit di sana," kata Kristina. "Suami saya tipe tertutup."
 
Kristina juga mengatakan ia mengenal Bambang Widjajanto. Fakta persidangan menunjukkan Bambang adalah orang yang menawarkan untuk menggunakan rekeningnya guna menampung uang dari PT Datascript, yang merupakan permintaan Amien dalam kasus pengadaan alat GPS di Departemen Kehutanan.