Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Nani WIjaya Menikah
Sumber :
  • Viva.co.id/Azizi Ervan

VIVA – Kabar duka datang dari dunia seni sastra Tanah Air, sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi meninggal dunia pada Rabu malam, 29 Juli 2020. Almarhum meninggal dunia pada usia 82 tahun dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Kabar duka ini juga disampaikan oleh seorang seniman dan aktor, Butet Kartaredjasa. Ia menyampaikan kabar itu pada akun Facebook pribadinya. 

"Selamat Jalan Pak Ajip Rosidi. RIP. Terima kasih telah menyebabkan saya mencintai seni sastra," tulis Butet, dikutip Kamis, 30 Juli 2020.

Sastrawan Yudhistira ANM Massardi, Ayah dari Iga Massardi Meninggal Dunia

Seminggu terakhir, Ajip Rosidi sempat menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, setelah terjatuh di rumah sang anak di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Aktif Instagram Lagi, Pose Anggun Hana Hanifah Guncang Warganet

Cantik! 10 Halte TransJakarta Disulap Bak Galeri Seni, Cocok Jadi Spot Instagramable

Semasa hidupnya Ajib Rosidi memang menaruh minat yang besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda. Sastrawan asal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini telah menghasilkan ratusan karya dalam berbagai bentuk. 

Suami dari artis senior Nani Widjaya ini menerima gelar Doktor honoris causa bidang Ilmu Budaya dari Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran. Butet juga sempat mengenang salah satu dongeng Ajip Rosidi yang disampaikan kepadanya. 

"DONGENG AJIP. Mengenang Pak Ajip Rosidi yang malam ini meninggalkan kita, saya share Iagi dongeng beliaune yang jenaka. Selamat jalan Pak Ajip. Terima kasih telah menyebabkan saya mencintai seni sastra, melalui bacaan buku-buku terbitan Pustaka Jaya tahun 1970an," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya