Mau Baca Manga Secara Legal? Ini Tempatnya

Manga Haikyuu!!
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Era digital buat komik Jepang atau manga tidak hanya hadir melalui lembar kertas yang disatukan sebagai buku. Semakin besarnya peminat pada manga, maka update terbaru dari serial yang diikuti pasti selalu ditunggu.

Penggemar Wajib Tahu, Inilah Fakta Menarik dari Serial Anime Boruto Uzumaki

Lihat Juga : Nonton Anime Online Selain Animekompi, Anitoki dan Animesail

Namun sayangnya, situs membaca manga ilegal kini mulai menjamur. Padahal industri manga sama seperti industri lainnya, yakni butuh dukungan dari pecintanya. 

Profil Akira Toriyama Seniman Manga Dragon Ball yang Meninggal Dunia

Dengan membaca manga secara legal maka bisa menjadi bentuk dukungan kepada komikus dan ide ceritanya. Membaca manga legal tentu akan buat industri atau bahkan judul manga tersebut terus berlanjut.

Di Indonesia, penikmat manga tidak kenal usia dan jenis kelamin. Banyak judul manga yang jadi populer di Indonesia sebut saja Naruto, One Piece, Haikyu!!, Dragon Ball dan banyak lainnya.

Prancis Jadi Negara Pertama yang Sahkan Hak Aborsi

Lantas di mana membaca manga yang ilegal? Pertama ada Manga Plus. Situs ini merupakan situs rsmi, tempat Shonen Jump menerbitkan serial manga. Manga Plus juga terbilang selalu up-date karena menyediakan chapter baru dari beberapa judul dalam setiap minggunya.

Lewat situs ini, pembaca tidak akan terganggu oleh iklan pop-up yang menganggu. Selai n itu, tentunya karena situs ini legal maka risiko serangan siber akan lebih kecil hingga lebih aman.

Situs ini memang tidak gratis alias berbayar. Namun pembaca bisa menikmati beberapa judul secara cuma-cuma.

Selain Mangaplus, ada Crunchy Roll. Situs ini juga legal, maka bebas dari iklan pop-up dan kelebihan lainnya bisa dinikmati. Satu hal yang menjadi kelebihan adalah, biaya langganan di tempat ini akan termasuk dengan menikmati anime.

Memang Crunchy Roll juga menyediakan beberapa konten gratis, namun tidak akan selengkap jika menjadi langganan berbayar. Selain itu, manga yang ada dalam Crunchy Roll tidak sebanyak Mangaplus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya