5 Fakta R Kelly, Penyanyi RnB yang Ternyata Predator Seks

R. Kelly
Sumber :
  • AP

VIVA Showbiz – Bagi penggemar lagu RnB dan Hiphop di tahun 90an hingga 2000an pasti sudah tak asing dengan nama R Kelly. Lelaki berusia 55 tahun ini bernama lengkap Robert Sylvester Kelly. Ia adalah salah satu penyanyi RnB legendaris di dunia, salah satu lagu hitsnya adalah I Believe I Can Fly.

Lecehkan Istri Pasien, Oknum Dokter di Palembang Jadi Tersangka

Belum lama ini, setelah pengadilan yang panjang, akhirnya pengadilan Amerika Serikat memvonis R Kelly hukuman 30 tahun penjara karena kasus pelecehan seksual, pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, manipulasi, hingga perdagangan seks dan buman traficking.

Nah, berikut 5 fakta tentang R Kelly. 

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Tumbuh Tanpa Ayah

R. Kelly

Photo :
  • AP
Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila

R Kelly tidak pernah memiliki sosok ayah dalam hidupnya karena ayahnya sama sekali tak pernah hadir dari masa kecil, masa kanak-kanak dan remajanya Kelly. 

Ia dibesarkan oleh ibunya yang seorang ibu tunggal dan kakak-kakaknya Theresa, Bruce serta adiknya Carey. Saat tumbuh semakin besar, Kelly suka menemani ibunya ke gereja dan segera mulai bernyanyi di paduan suara gereja ketika dia berusia 8 tahun.

R Kelly

Photo :
  • Instagram/@RKelly

Beranjak dewasa, R Kelly ternyata pernah menjadi korban kekerasan seksual lebih dari satu kali. Mengutip dari Refinery29, pelecahan tersebut dilakukan oleh kakaknya sendiri, Theresa. 

Hal ini juga diungkapkan oleh adik laki - lakinya, Carey. Mereka menjadi korban saat ibunya pergi bekerja dan sang kakak lah yang menjadi pengasuh. 

Mantan Suami Aaliyah 

R.Kelly

Photo :
  • YouTube

Sebelum bercerai dengan mantan istrinya di tahun 2009, pada tahun 90an, santer berita bahwa R Kelly menikah dengan penyanyi Aaliyah saat Aaliyah baru berusia 15 tahun.

Pernikahan tersebut tentu dianggap illegal dan banyak yang bertanya - tanya bagaimana mereka bisa melangsukan pernikahan. 

Pada Januari 1995, media di AS melaporkan adanya sertifikat pernikahan antara Kelly dan Aaliyah. Dalam dokumen tersebut, disebutkan bahwa mereka menikah pada 31 Agustus 1994 bertempat di Rosemont, Illinois. Namun usia Aaliyah ditulis 18 tahun, padahal pada tahun itu Aaliyah baru berusia 15 tahun. Pernikahan mereka dikabarkan hanya bertahan selama 5 tahun saja 

Aaliyah meninggal di usia yang sangat belia yaitu 22 tahun karena kecelakaan pesawat 

Bukan Kasus Pertama 

R. Kelly

Photo :
  • AP

Vonis ini tidak terlalu "mengejutkan" banyak pihak, karena R Kelly sejak dulu, memang sudah sering terjerat dan dilaporkan mengenai pelecehan seksual, dan lebih parahnya lagi, kekerasan seksual pada anak di bawah umur atau minor.

Mengutip dari Variety.com, R Kelly telah menjadi predator seks sejak puluhan tahun lalu. Ada yang mengatakan dirinya melakukan pelecehan seksual sejak 25 tahun lalu, tepatnya sejak 1996 lalu. 

Sempat Bebas

R. Kelly

Photo :
  • AP

Pada 2008 lalu, Kelly pernah disidang dipengadilan Amerika Serikat dan "hampir" saja dijebloskan ke penjara. 

Sayangnya ia lolos dari jerat hukum saat itu. Jaksa tidak mengatakan secara terbuka mengapa R Kelly bisa lolos, namun banyak yang berspekulasi hal tersebut dikarenakan keengganan korban untuk bersaksi dan membuka "luka" tersebut lagi.

Namun, pada kasus kali ini, Kelly sudah tidak bisa berkelit karena ada bukti yang jelas diberikan oleh korban. Sebuah video akan menjadi bukti bagi para jaksa untuk menjeratnya ke dalam penjara. 

Ada sebuah video VHS yang menunjukan R Kelly, yang kala itu berusia sekitar 30 tahun, melakukan hubungan seksual dengan perempuan berusia 13 tahun. Video tersebut diperkirakan direkam antara 1998 hingga 2000. Tercatat, penyanyi itu didakwa dengan 14 tuduhan pelecehan seksual terhadap wanita dan anak di bawah umur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya