Di China, Akhir Film Minions 2 Diubah Karena "Tak Lulus Sensor"

Film Minions 2: The Rise of Gru
Sumber :
  • comingsoon.net

VIVA Showbiz – Film Minons 2: The Rise of Gru termasuk sukses dan selama seminggu sempat merajai Box Office dunia pada Juli 2022 bulan lalu. Film ini berputar pada kehidupan Gru, menceritakan bagaimana ia bisa menjadi penjahat. Namun, jalan cerita film Minions 2 ini berbeda ketika tayang di China

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Mengutip The Guardian, sensor di China telah mengubah akhir film animasi Minions 2 ini untuk rilis domestiknya, menurut penonton di negara itu, dalam contoh lain China mengubah film Hollywood yang populer. Menurut postingan dan tangkapan layar film tersebut, yang dibagikan di Weibo, platform yang mirip dengan Twitter, ada perubahan “adegan” dan sensor yang menunjukkan bahwa Wild Knuckles, karakter utama penjahat dalam film ini, ditangkap oleh polisi dan menjalani hukuman 20 tahun penjara.

Film Minions 2: The Rise of Gru

Photo :
  • polygon.com
Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Dalam film yang diubah tersebut juga memperlihatkan Gru, salah satu partner-in-crime Wild Knuckles, "kembali ke keluarganya" dan "prestasi terbesarnya adalah menjadi ayah yang baik dari ketiga gadisnya". Dalam versi seharusnya atau versi internasional, film berakhir dengan Gru dan Wild Knuckles pergi bersama setelah mereka memalsukan kematiannya sendiri untuk menghindari penangkapan polisi.

Banyak komentator online mengejek pergantian dan suntingan tersebut, dengan mengatakan bahwa adegan yang diganti tersebut mirip dengan presentasi PowerPoint. DuSir, penerbit ulasan film dengan 14,4 juta pengikut di Weibo, mencatat bahwa versi Cina berjalan satu menit lebih lama dari versi yang internasional, dan mempertanyakan mengapa waktu tambahan diperlukan. "Hanya kami (China) yang membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus karena takut sebuah film kartun akan 'merusak' kami," tulis DuSir dengan satire. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Huaxia Film Distribution dan China Film Co, distributor resmi film Minions 2 di China, hingga saat ini belum dan sepertinya tidak akan menanggapi permintaan komentar. 

Seperti diketahui, China memang telah membatasi jumlah film luar negeri yang dapat diputar di bioskop domestik di China. Banyak film Hollywood yang, ketika diputar di China terdapat adegan-adegan tertentu yang dihilangkan atau diubah.

Film Minions 2: The Rise of Gru

Photo :
  • comingsoon.net

Contohnya, seperti tahun lalu, penonton di China mendapat adegan akhir yang berbeda dari film Fight Club. Pada film aslinya, memperlihatkan tokoh protagonis dan alter egonya meledakkan beberapa gedung pencakar langit. Namun, dalam film yang diputar di China, memiliki akhir kisah berbeda. Seperti diberitakan AFP, narator masih tetap diperlihatkan membunuh Durden tetapi adegan gedung-gedung meledak diganti dengan layar hitam bertuliskan kalimat. "Polisi dengan cepat menemukan seluruh rencana dan menangkap semua penjahat, berhasil mencegah bom meledak," tulisan penutup film Fight Club di China.

Perubahan tersebut diejek secara luas dan bahkan mendapat tanggapan dari sutradara film dan penulis novel yang menjadi sumber film tersebut. Pihak Tencent kemudian mengembalikan adegan sebagaimana aslinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya