Kris Wu Divonis 13 Tahun Penjara Gegara Kasus Pemerkosaan

Kris Wu
Sumber :
  • Page Siz

VIVA Showbiz – Pengadilan Beijing pada hari Jumat, 25 November 2022, menjatuhi hukuman kepada bintang pop Kanada kelahiran China, Kris Wu 13 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas kejahatan termasuk pemerkosaan.

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Pengadilan di Distrik Chaoyang Beijing mengatakan penyelidikan menunjukkan bahwa dari November hingga Desember 2020, pria yang juga dikenal sebagai Wu Yifan memperkosa tiga wanita, melansir Variety, Jumat, 25 November 2022. 

Ia juga dinyatakan bersalah atas kejahatan mengumpulkan kerumunan untuk terlibat dalam pergaulan bebas seksual pada Juli 2018, kata akun WeChat resmi pengadilan.

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kris Wu

Photo :
  • Variety

Pengadilan juga mengatakan Wu akan dideportasi, meskipun pengacara di China mengatakan deportasi biasanya dilakukan setelah terdakwa menjalani hukumannya.

Dokter Boyke Sebut Perilaku Menyimpang Homoseksual Bisa Terjadi di Dalam Sel Tahanan

Pejabat dari kedutaan Kanada di Beijing menghadiri pembacaan vonis, menurut media pemerintah.

Tuduhan terhadap Wu dibuat pada Juli 2021 oleh Du Meizhu, 18, seorang influencer industri kecantikan. Wanita itu menggunakan media sosial untuk menuduh musisi dan aktor tersebut melakukan pemerkosaan saat dia berusia 17 tahun dan pada saat dia sedang mabuk. Du kemudian juga menuduhnya melakukan hal yang sama kepada perempuan muda lainnya, termasuk dua anak di bawah umur. (Usia persetujuan di China adalah 14.)

Wu membantah tuduhan tersebut pada saat itu dan polisi awalnya tampak memihak bintang tersebut. Tetapi dua minggu kemudian Kejaksaan Rakyat Distrik Chaoyang di Beijing mengeluarkan pernyataan resmi yang mengatakan bahwa pihaknya telah menyetujui penangkapan Wu “setelah diselidiki sesuai dengan hukum.”

Sebuah pernyataan pengadilan setelah vonis mengatakan bahwa Wu memaksa tiga wanita untuk berhubungan seks dengannya pada tahun 2020, saat mereka berada di bawah pengaruh alkohol. 

Kris Wu

Photo :
  • Page Siz

Lalu pada tahun 2018, dia mengatur kegiatan cabul di rumahnya dengan dua wanita, lagi-lagi dengan alkohol. 

Di Cina, kejahatan pemerkosaan biasanya diancam hukuman antara tiga dan sepuluh tahun penjara, meskipun dalam kasus-kasus yang sangat berat, hukumannya bisa penjara seumur hidup atau bahkan hukuman mati. 

Ketidaksenonohan kelompok, yang didefinisikan sebagai hubungan seks yang melibatkan tiga atau lebih peserta di atas usia 16 tahun, diancam hukuman penjara hingga lima tahun.

Laporan media pada saat persidangan pada bulan Juni menunjukkan bahwa Wu mempertaruhkan hukuman penjara tiga hingga sepuluh tahun. Hukuman 13 tahun lebih lama dari itu dan mungkin menunjukkan faktor yang memberatkan atau keputusan pengadilan untuk membuat contoh selebriti.

Sidang bulan Juni diadakan secara tertutup, tampaknya untuk melindungi identitas korban. Itu juga berfungsi untuk menjauhkan penggemar dan perhatian pers untuk persidangan salah satu selebritas terbesar di negara itu.

Mantan personel EXO, Kris Wu

Photo :
  • soompi

Wu lahir di Tiongkok, tetapi memiliki kewarganegaraan Kanada. Dia menjadi terkenal sebagai bagian dari cabang bahasa Cina dari boyband Korea EXO, sebelum fokus pada karirnya di Cina. Rapper tersebut menjadi penampil tetap di TV sebagai juri dan mentor di acara-acara termasuk "The Rap of China".

Pada 2018 dia menandatangani kesepakatan distribusi eksklusif dengan Universal Music. Pada saat itu, ketua Universal Music Group Greater China, Sunny Chang memuji Wu, salah satu artis Tiongkok pertama yang mencapai No. 1 di U.S. iTunes Chart, sebagai "bakat musik asli".

Sebelumnya diwakili oleh UTA dan CAA, Wu telah muncul dalam film Hollywood termasuk “XXX: Return of Xander Cage” dan “Valerian and the City of a Thousand Planets,” serta film China seperti “Mr. Six” dan fantasi 2016 “L.O.R.D. Legend of Ravaging Dynasties” dan sekuelnya di tahun 2020.

Sementara sejumlah penggemar terus memprotes ketidakbersalahan Wu, dakwaan tahun 2021 sudah cukup untuk mengakhiri karier salah satu selebritas China yang paling dikenal dan ada di mana-mana. Setelah muncul di papan reklame dan sampul majalah, Wu dengan cepat dibatalkan oleh lebih dari selusin merek yang dia dukung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya