15 Desember, Memperingati Hari Wibu Sedunia

Cosplay anine Jepang
Sumber :
  • SoraNews24.com

VIVA Showbiz – Setiap tahunnya, pada 15 Desember maka akan diperingati sebagai World Otaku Day atau bisa juga disebut Hari Wibu Sedunia. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Budaya Jepang tentu sudah mendunia. Tak hanya di kehidupan sehari-hari, bahkan di dunia hiburan juga tak ketinggalan, salah satunya adalah anime.

Anime adalah animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar- gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Nah, orang-orang yang menyukai anime bisa disebut Otaku dan Wibu. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Otaku atau di Indonesia lebih dikenal dengan Wibu adalah orang-orang di luar Jepang yang menyukai atau fanatik terhadap anime Jepang. Wibu adalah istilah dari serapan kata Weeaboo. 

Kata ini awalnya muncul pertama kali dalam komik strip koran yang berjudul "The Perry Bible Fellowship" yang diciptakan oleh Nicholas Gurewitch. Namun, dikutip dari situs penerbitan komik pbfcomics.com, kata wibu ternyata tidak memiliki arti khusus kepada seseorang tertentu.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Melansir dari paper The Weeaboo Subculture: Identification and Performance, weeaboo ternyata digunakan sebagai kata pengganti untuk kata wapanese yang mendapat image buruk di sejumlah forum online pecinta budaya Jepang.

Wapanese adalah istilah yang berasal dari kalimat "Wannabe Japanese" atau "White Japanese". Nah, kalimat ini yang akhirnya merujuk pada seseorang yang bukan asli warga Jepang, namun kerap kali mengklaim dirinya  adalah orang "yang paling tahu' soal Jepang.

Bagaimana Sejarahnya?

Hingga saat ini belum jelas apa sebenarnya yang membuat tanggal 15 Desember tiap tahunnya menjadi peringatan bagi pecinta anime, manga, dan cosplay. Namun melansir American Post, World Otaku Day atau Hari Wibu Sedunia terkait dengan sebuah artikel mengenai Nakamori yang diterbitkan pada tanggal 15 Desember.

Akio Nakamori adalah seorang penulis Jepang yang fokus membahas manga dan anime, yang pada tahun 1983, menggunakan istilah "Otaku" untuk Majalah Manga Burikko untuk pertama kalinya.

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan di All Anime Mags, perayaan World Otaku Day atau Hari Wibu Sedunia, telah ada sejak tahun 2015. Namun banyak yang beranggapan bahwa World Otaku Day atau Hari Wibu Sedunia telah ada jauh dari sebelumnya. Hal itu ditandai dengan banyaknya postingan di berbagai platform media sosial yang mengatakan "happy world otaku day," yang diyakini muncul pertama kali pada 2012.

Maka, setiap tanggal 15 Desember, para penggemar anime, manga, dan cosplay, akan merayakan World Otaku Day atau Hari Wibu Sedunia dengan cara mereka masing-masing. Ada yang merayakannya dengan menjadi cosplayer, ada yang berkumpul bersama sesama Wibu, menonton dan membaca sejumlah manga dan anime, dan lainnya. Bahkan, tagar #WorldOtakuDays sempat viral di media sosial Twitter selama beberapa saat.  

Pada akhirnya, World Otaku Day atau Hari Wibu Sedunia merupakan hari yang dibuat oleh dan untuk para penggemar anime dan manga sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya