Sutradara Top Hollywood dalam 2 Dekade

Steven Spielberg
Sumber :
  • abc.net.au

VIVAnews - Industri film Hollywood terus melahirkan sutradara-sutradara handal. IMDb.com mengeluarkan daftar nama sutradara-sutradara top yang konsisten menghasilkan karya-karya film yang berkualitas dan memiliki nilai di dunia hiburan. Siapa sajakah mereka?

1. Steven Spieldberg

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Steven Spielberg

Kemampuannya sebagai sutradara memang tak diragukan lagi. Ia mampu menyatukan antara keberhasilan secara komersil dengan pencapaian artistik. Spielberg adalah seorang sutradara yang hebat dan modern dari Hollywood. Ia telah meraih dua kali penghargaan sebagai Sutradara Terbaik dalam ajang Academy Awards masing-masing dari film 'Schindler's List' tahun 1993 dan 'Saving Private Ryan' tahun 1998.

Tiga film yang dibesutnya seperti 'Jaws' tahun 1975, 'E.T. the Extra- Terrestrial' tahun 1992 dan 'Jurrasic Park' tahun 1995 adalah film yang berhasil masuk dalam box office dan meraih pendapatan terbesar.

2. Clint Eastwood

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Sutradara Gran Turino Clint Eastwood

Clint Eastwood kini berusia 80 tahun. Ia adalah seorang aktor, produser dan sutradara film. Pada dasawarsa kelima ia telah mengarahkan film dengan ringkas dan humanistik. Sebagai sorang sutradara, Eastwood telah berhasil meraih penghargaan dalam ajang Academy Awards sebagai Sutradara Terbaik untuk film 'Unforgiven' dan 'Million Dollar Baby'.

3. Joel Coen

Dunia perfilman Hollywood juga tak terlepas dari duet dinamis Coen Brother yakni Joel David Coek dan Ethan Jesse Coen. Sutradara dan penulis, Joel telah bekerja sama dengan produser dan penulis Ethan untuk berkolaborasi pada beberapa film humor khas (Fargo, The Big Lebowski) pada  20 tahun terakhir.

Dari kerjasama tersebut, mereka berhasil masuk nominasi 10 kali di Academy Awards. Mereka berhasil menerima awards pertama mereka sebagai Best Picture dan Sutradara Terbaik tahun 2008 dalam film adaptasi 'No Country for Old Men'.

4. Steven Soderbergh

Pria kelahiran 14 Januari 1963 ini dianggap sebagai seorang pembuat film yang menakjubkan. Ia juga produktif dan menghasilkan salah satu dari film Indie yang paling berpengaruh berjudul 'Sex, Lies, and Videotape'.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Pria ini juga mengarahkan dan berhasil mengantarkan Julia Roberts menerima Piala Oscar sebagai Aktris Terbaik di Academy Awards berkat perannya di film besutannya,  'Erin Brockovich' . Pria bernama lengkap Steven Andrew Soderbergh ini berhasil mendapatkan Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik.

5. David Fincher

Pemilik nama David Leo Fincher ini adalah sutradara yang sangat selektif. Ia telah membuat dua film ikonik selama lebih dari 20 tahun terakhir ini yakni 'Se7en' dan 'The Fight Club'. Dan yang terbaru adalah film 'The Social Network'.

6. Peter Jackson

Sutradara kenamaan kelahiran 31 Oktober 1961 adalah seorang sutradara, produser dan aktor serta penulis naskah asal New Zealand. Ia masuk dalam daftar sutradara top  karena film triloginya, 'The Lord of the Rings'.

7. Ron Howard

Sutradara asal Amerika ini telah menunjukkan dia bisa melakukan apa saja di belakang lensa termasuk memenangkan Piala Oscar sebagai Sutradara Terbaik dalam ajang Academy Awards untuk film 'A Beautiful Mind'.

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024