Djenar Maesa Ayu di Antara 14 Laki-Laki

Djenar Maesa Ayu
Sumber :
  • VIVAnews/ Gestina Rachmawati

VIVAnews - Djenar Maesa Ayu kembali merilis novel terbarunya. Tetapi, kali ini penulis tersebut tak hanya menulis sendiri. Ia berkolaborasi dengan 14 pria dalam membuat novelnya tersebut. Novel tersebut berjudul '1 Perempuan 14 Laki-Laki'.

Viral Tukang Parkir Liar Minimarket Getok Tarif Rp 15 Ribu buat THR

"Ini kan kumpulan cerita jadi ragamnya banyak sekali ya. Yang menarik adalah mereka (yang saya minta menulis) masing-masing harus punya background profesi yang berbeda," kata Djenar saat peluncuran novelnya di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

Ke-14 laki-laki yang ikut menulis dalam novel terbaru Djenar adalah para sahabat dekatnya. Mereka adalah Indra Herlambang, Agus Noor, Arya Yudistira Syuman, Butet Kartaredjasa, Enrico Soekarno, JRX (SID), Lukman Sardi, Nugroho Suksmanto, Richard Oh, Robertus Robet, Sardono W Kusumo, Sujiwo Tejo, Totot Indrarto dan Mudji Sutrisno. Penulis 'Mereka Bilang, Saya Monyet!' ini mengaku butuh waktu satu sampai dua hari untuk menyelesaikan setiap cerita bersama rekan-rekannya.

"Ini sangat sulit karena menulisnya tanpa konsep, kadang apa yang saya pikirkan di kepala tidak sama dengan mereka, jadi harus adaptasi lagi dan lagi," tutur perempuan berusia 38 tahun itu.

Buku kelima Djenar sengaja diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, 14 Januari. Begitu juga dengan judul dan pemilihan 14 laki-laki yang ia ajak berkolaborasi sengaja dicocokkan dengan tanggal kelahirannya, 14. Sementara kata '1 Perempuan' mengacu pada Djenar dan angka 1 mewakili bulan kelahirannya, Januari.

"Saya sudah berpikir bahwa ini akan jadi hadiah terindah yang pernah diberikan keempat belas sahabat maupun yang saya berikan untuk diri sendiri," kata perempuan yang sudah memiliki satu cucu itu.

Indonesia Lifts Restrictions on Migrant Workers' Carry-on Goods
VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Jiper Disikat Hizbullah, 40 Persen Warga dan Tentara Kabur dari Utara Israel

Hizbullah membombardir wilayah utara Israel dalam enam bulan terakhir.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024