Nurul Arifin Setuju Pajak Film Dinaikkan

Nurul Arifin
Sumber :
  • Facebook Nurul Arifin

VIVAnews - Nurul Arifin, aktris sekaligus salah satu anggota DPR dari Fraksi Golkar, mengaku setuju pemerintah memberlakukan kenaikan pajak sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak.

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Surat Edaran itu dikeluarkan pada 10 Januari 2011, dengan nomor SE - 3/PJ/2011 tentang Pajak Penghasilan (PPh) atas Penghasilan Berupa Royalti dan pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai atas Pemasukan Film Impor.

Menurut Nurul, hal ini tidak sepenuhnya salah karena bila dilihat dari angka yang kini diberlakukan, sangatlah kecil.

"Angka yang dibayarkan Motion Picture Association of America atau MPAA itu sangat tidak fair. Mungkin pendekatannya saja yang keliru, sehingga kita juga sama-sama kaget dan syok bahwa hasilnya sangat mengejutkan karena mereka memutuskan tidak akan mengedarkan film di Indonesia lagi," kata Nurul yang ditemui di Gedung DPR.

Meski demikian, tetap ada risiko dan konsekuensi yang akan diambil dari keputusan dan kebijakan ini.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

"Kemungkinannya ada dua, yang menguntungkan dan tidak. Akan menguntungkan jika kita bisa memicu produksi film nasional, kata dia.

Namun bisa juga sama sekali tidak menguntungkan. Karena kita tidak tahu kualitas dan unsur edukasi film itu seperti apa, mengingat  film-film yang selama ini beredar hanya bernafaskan hantu-hantu yang berisi adegan seronok dan minim nilai edukasi.

Baginya pribadi, film tidak hanya sekedar tontonan, tapi juga menjadi pengikat kebersamaannya dengan keluarga sekaligus untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial.

"Saya pikir harus ada pendekatan dari pemerintah supaya kenaikan itu bisa dilakukan tapi film mereka juga tetap bisa masuk," ungkap istri dari Mayong Suryolaksono itu. (umi)

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024