Dinilai Pro Hitler, Rumah Produksi Minta Maaf

Sineas Lars von Trier
Sumber :
  • filmreference.com

VIVAnews - Rumah produksi yang turut didirikan oleh Lars von Trier, sineas kawakan asal Denmark, mengajukan permintaan maaf atas pernyataan tentang hal-ihwal Nazi yang dikemukakan oleh von Trier di hadapan wartawan di sela-sela Festival Film Cannes, Perancis. 

Langkah itu diambil setelah sang sutradara menyentak publik dengan menyatakan bahwa ia memiliki simpati besar kepada Adolf Hitler, pemimpin besar Nazi pada masa Perang Dunia Kedua. 

Peter Aalbaek Jensen, pendiri perusaan bernama Zentropa itu, dengan berbesar hati menyatakan penyesalan. "[Kami] memohon maaf kepada semua khalayak, rekan bisnis, pegawai serta lembaga yang terbebani dengan pernyataan [von Trier]," ucapnya seperti dipetik dari laman The New York Times.

Jensen mendirikan Zentropa bersama von Trier pada tahun 1992.

Sebelumnya, von Trier memantik kegusaran banyak orang setelah ia pada hari Rabu lalu mengungkapkan pikiran tentang Hitler ketika duduk di ruangan konferensi pers demi mengumumkan karya terbaru berjudul "Melancholia." "[Hitler] memang telah berlaku buruk. Namun, saya tahu ia ada di bunker itu hingga akhir hayatnya," katanya, seraya menambahkan bahwa ia, "tidak memihak Perang Dunia Kedua, tidak menentang Yahudi, tidak juga kontra Susanne Bier."

Susanne Bier adalah seorang sineas Yahudi. Ia kian terkenal di dunia perfilman setelah menelurkan "After the Wedding" dan "In a Better World." Film terakhir yang disebut diproduksi oleh Zentropa.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Sementara itu, Hitler dipercaya melakukan bunuh diri bersama kekasihnya, Eva Braun, di sebuah bunker perlindungan kota Berlin ketika pasukan Rusia yang dikenal dengan Tentara Merah memasuki daerah itu.

Von Trier sempat melontarkan penyesalan atas komentarnya. Tapi, kekisruhan terlanjur muncul dan para petinggi festival memutuskan melarangnya ikut serta dalam perayaan tahunan itu. (umi)

Mendagri Tito Karnavian saat menyematkan penghargaan Satyalancana ke 15 kepala daerah di Hari Otoda ke-28 di Balai Kota Surabaya.

Gibran Absen di Upacara Hari Otoda, Tak Dapat Penghargaan Satyalencana

Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka tak menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) di Surabaya, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024