Avip Priatna Gelar Konser 'A Vibrant Harmony'

Avip Priatna
Sumber :

VIVAnews - Sejumlah karya komponis abad 20 beraliran lintas genre akan hadir dalam konser 'A Vibrant Harmony' yang digelar The Resonanz Music Studio, di GoetheHaus Goethe Institut, Minggu 29 Mei 2011.

"Konser ini menampilkan perpaduan antara musik klasik dan bentuknya yang baku serta harmoni yang lebih modern, sehingga menghasilkan musik dengan  harmonisasi yang lebih segar dan bersemangat," kata konduktor muda berbakat Avip Priatna yang akan memimpin konser itu.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews.com, Jumat 27 Mei 2011, lulusan University of Music and Performing Art di Wina itu menyatakan, dalam konser ini akan tampil dalam format beragam, mulai duet vokal piano, flute dan jazz trio, string orchestra, hingga string orchestra dengan paduan suara.

Pianis Glenn Bagus bersama jazz trio-nya akan berkolaborasi dengan flutist Dony Koeswinarno membawakan karya Bolling yang klasik dengan nuansa jazzy. Sementara itu, mezzo soprano Sisca akan membawakan karya Steve Dobrogosz yang terinspirasi karya Rachmaninof 'Vocalise' dengan gaya lebih segar dan modern.

Selain itu, Jakarta Concert Orchestra String Ensemble akan membawakan 'Palladio' karya Jenkins yang bergaya minimalis, serta JCO akan mengiringi Batavia Madrigal Singers membawakan Mass karya Steve Dobrogosz, yang merupakan salah satu karya penting literatur musik paduan suara di abad 20.

Sebagai informasi, Claude Bolling adalah seorang pianis jazz, komponis, arranger, aktor dari Prancis. Ia adalah pianis andal yang sejak usia 14 tahun sudah menjadi pianis jazz profesional.

Bolling adalah salah satu tokoh sangat penting dalam kebangkitan jazz tradisional pada akhir 1960, bersama Oscar Peterson yang juga adalah kawan karibnya. Sementara itu, Karl Jenkins adalah musisi sekaligus komposer asal Welsh, Inggris.

Pada awal kariernya, Jenkins dikenal sebagai musisi jazz yang memainkan instrumen saxophone, keyboard, oboe. Sebagai komponis, Jenkins melakukan terobosan dengan menciptakan komposisi bergaya crossover berjudul 'Adiemus'.

Album ini menempati urutan teratas dalam chart album lagu klasik pada 1995. 'Palladio' adalah salah satu karya Jenkins yang sangat terkenal. Komposisi ini merupakan konserto grosso ala barok dengan harmonisasi dan gaya minimalis modern.

Bagian pertama dari 'Palladio' menjadi terkenal karena dipakai sebagai lagu iklan produk permata terkenal. Sementara itu, Steve Dobrogosz adalah pianis dan komposer dari Amerika Serikat.

Dia pernah belajar di Berklee College of Music di Boston sebelum pindah dan menetap di Stockholm, Swedia. Gaya musik Dobrogosz merupakan gaya campuran dari beberapa genre musik yaitu  jazz, pop, dan  klasik.

Belakangan ini karyanya banyak difokuskan pada musik klasik dan komposisi paduan suara, termasuk 'Mass' (1992) yang telah ditampilkan oleh orkestra dan paduan suara di seluruh dunia.

Kolaborasi Dobrogosz bersama penyanyi Anna Christofferson pada 2008 yang berjudul 'Rivertime', dinominasikan untuk memperoleh Swedish Grammy Award dalam kategori album jazz. (art)

Alasan Pemprov DKI Gelontorkan Rp 22,2 M untuk Perbaiki Rumah Dinas Gubernur
Walikota Medan, Bobby Nasution.(dok Pemko Medan)

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Usai mengantongi surat penugasan dari DPP Partai Golkar, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution akan menjalin komunikasi dengan Partai NasDem da

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024