HUT RI, Avip Siapkan Simfoni Kebangsaan

Batavia Madrigal Singers
Sumber :
  • kemlu.go.id

VIVAnews - Konduktor muda Avip Priatna bakal menggelar konser "Simfoni untuk Bangsa 2011" dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-66. Seperti biasa, Avip bakal menampilkan ensembel vokal Batavia Madrigal Singersdan diiringi Jakarta Concert Orchestra.

Konser ini akan digelar oleh The Resonanz Music Studio, di Aula Simfonia Jakarta pada Selasa malam, 16 Agustus 2011.

"Pertunjukan ini adalah perwujudan dalam mengenang kembali jasa para pahlawan dalam memperoleh kemerdekaan, serta  bagaimana usaha kita dalam mengisi kemerdekaan tersebut dengan mengajak para pecinta musik  Indonesia untuk menikmati karya komposer dunia seperti Gioachino Rossini, serta mengapresiasi karya komposer besar Indonesia, seperti Ismail Marzuki, Binsar Sitompul, Guruh Soekarno Putra, dan lain-lain," kata Avip saat berbincang dengan VIVAnews, Jumat, 12 Agustus 2011.

Avip menjelaskan, dengan menyadari keluhuran budaya dan menghargai keberagaman, lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan dengan kemasan menarik  khas Indonesia oleh Batavia Madrigal Singers.

Kelompok paduan suara yang pernah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai festival dan kompetisi paduan suara internasional ini akan didukung penampilan dari Aning Katamsi (soprano); Farman Purnama (tenor), dan Cecilia Ratna (piano).

Konser yang konsepnya akan sarat dengan nasionalisme Indonesia ini juga dicerminkan dengan memberi kesempatan bagi musisi muda Indonesia untuk berkarya dan mengangkat tema ke-Indonesia-an.

Kecintaan terhadap Tanah Air tersaji dengan penampilan karya Guruh Sukarno Putra seperti 'Simfoni Raya' dan 'Untukmu Indonesiaku'.

"Karya dengan semangat ke-Indonesia-an dan berakar pada budaya Indonesia ini terbukti sangat memukau, berpotensi ditampilkan di ajang musik internasional dan kembali mengangkat harumnya nama bangsa di mata dunia," kata Avip.

Selain itu, mencintai Indonesia tidak bisa mengesampingkan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. The Resonanz Children Choir, paduan suara anak-anak dari sekolah musik The Resonanz Music Studio juga akan tampil menunjukkan kecintaan mereka terhadap negeri dan melestarikan nilai-nilai ke-Indonesia-an. Karya-karya Ibu Sud dengan tema budi pekerti dan cinta lingkungan akan dibawakan dalam konser ini.

Saat ini Avip bekerja sebagai konduktor dan direktur musik Batavia Madrigal Singers (BMS) dan Jakarta Concert Orchestra (JCO) yang ia dirikan bersama Toeti Heraty Roosseno pada 2002. Ia sering diundang sebagai juri kompetisi paduan suara baik di kompetisi paduan suara nasional maupun internasional. (umi)

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024