Jasa Marga Bantah TKP Saipul Jamil Rawan

Saipul Jamil
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto

VIVAnews - Pihak Jasa Marga membantah ruas tol KM 96+500 yang menjadi lokasi kecelakaan pedangdut Saipul Jamil merupakan titik rawan kecelakaan. Menurut Jasa Marga, kecelakaan di ruas tol Cipularang sebagian besar disebabkan kesalahan manusia.

"Sering terjadi kecelakaan 90 persen karena human error," kata Kepala Humas Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Iwan Mulyawan, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Menurut Iwan, kesalahan manusia itu bisa disebabkan antara lain karena kelelahan, mengantuk, stres, dan kondisi fisik yang tidak sempurna. Kesalahan lainnya juga bisa dikarenakan kondisi mobil yang tidak baik, seperti kelebihan muatan.

Saipul Jamil mengalami kecelakaan pada Sabtu pagi 3 September 2011. Saipul yang mengemudikan sendiri mobil sewaan Toyota Avanza berwarna merah hati itu menabrak pembatas jalan. Akibatnya, sang istri Virginia Anggraeni tewas di tempat. Sedangkan sembilan orang lainnya selamat.

Saipul sendiri mengaku bahwa mobilnya sempat diterpa angin kencang. Menurut Iwan, kondisi alam memang lebih rawan di lokasi itu. "Memang rawan, tapi lebih terhadap bencana alam," kata Iwan.

Maka itu, Iwan tidak percaya bahwa lokasi itu merupakan zona rawan kecelakaan. Iwan juga membantah lokasi itu memiliki turunan.

"Memang agak belok, tapi jalannya landai tidak turun," kata dia. Tak jauh dari lokasi kecelakaan Saipul Jamil, kata Iwan, sudah ada lokasi peristirahatan di KM 97 Gunung Hejo. "Di situ ada makam tempat ziarah untuk masyarakat dan ada bukit," jelas dia. (sj)

Konsolidasi BUMN Karya Ditarget Rampung September 2024, Ini Tujuannya
VIVA Militer: Sertijab Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Raja Aibon Komandan Satuan Terbaik Kostrad.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024