Utha Likumahuwa Si Langganan Juara Festival

Utha Likumahuwa
Sumber :
  • flickr

VIVAnews - Dengan hanya mendengar ia bersenandung, mungkin Anda sudah tahu kalau itu adalah suara milik Utha Likumahuwa. Suara jernihnya yang khas memang membuat banyak penikmat musik Indonesia jatuh cinta pada pria asal Ambon ini.

Kepiawaiannya dalam hal tarik suara bukan hanya diakui Indonesia. Beberapa kali ia memenangkan kontes menyanyi berskala internasional. Seperti dilansir oleh Wikipedia, pada 1989, ia mendapat predikat penampilan terbaik kedua pada ASEAN Pop Song Festival 1989 di Manila. Saat itu ia membawakan lagu 'Sesaat Kau Hadir' karya Budi Bachtiar dan Aldino yang  menjadi lagu terbaik pertama di festival itu.

Pada tahun yang sama ia juga mendapat juara 2 dalam Asia Pacific Singing Contest di Hongkong. Duetnya bersama dengan Trie Utami melalui lagu "Mungkinkah Terjadi" karya Jorgy Thito berhasil menuai prestasi dan mencetak hits sekaligus.

Lagu itulah yang membuat Utha dan Trie Utami mendapatkan juara 2 Asia Pacific Broadcasting Union/ABU Golden Kite World Song Festival di Kuala Lumpur. Juara I  berhasil ia dapatkan saat mengikuti 6th Asian Song Festival di Filipina bersama Elfa Secioria.

Lahir pada pada 1 Agustus 1955, ayah dua anak ini, Inne dan Abraham, sampai sekarang masih memiliki banyak penggemar. Hal ini tak lepas dari lagu-lagunya yang menjadi hits pada '80-an dan '90-an, seperti "Aku Tetap Cinta", "Esok kan Masih Ada", "Puncak Asmara" dan "Gayamu".

Seperti dikutip dari jadul80an.wordpress.com, pria bernama lengkap Doaputra Ebal Johan Likumahuwa ini merilis album perdananya pada 1982, Nada dan Apresiasi. Lagu  "Tersiksa Lagi" menjadi hits dalam album ini.

Sepanjang kariernya, Utha sudah menghasilkan 13 album, yaitu, Nada dan Apresiasi, Bersatu Dalam Damai, Aku pasti Datang, Aku Tetap Cinta, Puncak Asmara, Tak Sanggup Lagi, Dansa suka – suka, Puncak Asmara, Untuk Apa Lagi,  Masih Ada Waktu, Classic, Tak Sanggup Lagi, Kuingin: The Best Of dan Koleksi Klasik.

Dari sekian banyak prestasi, album dan lagu hits, Utha berhasil meraih kesuksesan dalam dunia tarik suara yang memang sangat dicintainya. Setelah tak lagi aktif membuat album dan tampil di layar kaca, suami dari Debby ini, lebih banyak aktif dalam dunia pelayanan rohani.

Tak lama terdengar kabarnya, pada Juni 2011 lalu muncul kabar mengagetkan. Utha terkena serangan stroke saat sedang berada di Pekanbaru. Selain dari itu, ternyata, selama ini, Utha juga tengah berjuang melawan penyakit diabetes.

Meskipun sempat menjalani operasi, komplikasi kedua penyakit itu membuat kondisi kesehatan Utha makin memburuk . Pada hari ini, 13 September 2011, Utha utup usia pukul 13.30 WIB, di  RS Fatmawati, Jakarta Selatan. (hp)

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini
Cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka bertemu Wapres RI Maruf Amin

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

KPU RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024