Vegan Tawarkan Musik Chiptune

Group band Vegan
Sumber :
  • myspace.com/heyvegan

VIVAnews - Ada yang menarik dengan band baru yang datang di belantika musik tanah air. Vegan, nama band tersebut, datang dengan menawarkan musik chiptune. Apa alasannya?

"Kami sangat idealis. Dengan mengusung musik chiptune, kami bisa tampil beda dengan yang lain, jadi kami nggak mau ikuti selera pasar musik sekarang," kata Gusti, vokalis Vegan pada VIVAnews, di kawasan Senayan, Jakarta, 2 Oktober 2011.

Band yang digawangi oleh Gusti Firly (vokal, gitar), Rheza Pramudita (bass), Rama (gameboy & programer) dan Jagad Gemilang (drum) itu memainkan musik powerpop dan menyelipkan suara-suara 8-bit yang dihasilkan synthesizer dan gameboy ke dalam karya mereka.

Di bawah label Aquarius Music, Vegan berjanji akan segera memperdengarkan album karya mereka ke pasaran. Tapi untuk sementara, mereka mengandalkan lagu 'Hey Monster' sebagai jawara.

"Lagu itu bercerita tentang rasa sakit hati seseorang gara-gara dipermainkan pasangannya,” kata Rama. “Tapi orang tersebut telah bangkit dari rasa sedihnya dan kini justru lebih bahagia dari sebelumnya,” ucapnya.

Sebagai informasi, musik chiptune adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesize-kan secara realtime oleh komputer atau chip sound dari video game.

Chiptune sangat populer pada periode pertengahan sampai akhir tahun 1980-an di mana pada saat itu, teknologi yang tersedia untuk membuat musik dengan komputer hanyalah menggunakan chip sound tersebut.

Emak-emak Hadang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi
Poster Konser Mafest volume 3

Viral! Konser Musik di Malang Batal Digelar, Pembeli Tiket dan Penyewa Stand Tuntut Refund

Sejumlah pengguna media sosial mengeluh menjadi korban pembelian tiket konser musik yang batal digelar. Konser musik itu bertajuk Mafest Volume 3.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024