Anak Perempuan William&Kate Bisa Warisi Rp9 T

Pangeran William & Kate Middleton
Sumber :
  • Daily Mail/Hugo Burnand

VIVAnews -  Jika Pangeran William dan Kate Middleton memiliki anak perempuan, maka ia bisa jadi gadis pertama yang mewarisi area terkaya di Inggris. Itu karena, perubahan tata hukum di Inggris memungkinan ahli waris perempuan memiliki yang hak yang sama dengan laki-laki untuk mendapat gelar Duchy of Cornwall dengan kekayaan senilai £700 juta Rp9,8 triliun.

Duchy of Cornwall ini membawahi 23 counties terutama di bagian selatan dan barat Inggris yang nilainya mencapai £712 juta. Menurut penghitungan tahun lalu, pemasukannya naik dua kali lipat dalam waktu sepuluh tahun.

Modernisasi hukum ini juga akan memungkinkan anak perempuan pertama mendapat tahta. Pada hukum sebelumnya, anak laki-laki pertama yang didahulukan. Peraturan hukum dengan nama The Sovreign Hibah Bill ini telah disahkan majelis tinggi Inggris, House of Lords, pekan lalu.

"Prinsip yang harus dijalankan dari hal ini ini adalah bahwa pria dan wanita diperlakukan sama," kata Lord St John Stevas, ahli konstitusi seperti dikutip dari Daily Mail.

Selama 300 tahun, hukum laki-laki harus didahulukan dalam hal pewaris tahta berlaku. Kini, modernisasi dilakukan dan memungkinkan baik laki-laki maupun perempuan mendapat hak yang sama.

Sebetulnya, ada upaya untuk mengubah undang-undang bernama 1701 Act of Settlement ini, sejak 1981. Namun, upaya selalu gagal karena kurangnya dukungan pemerintah. Tuntutan pembaruan hukum pun semakin gencar dan ini sejak William mengumumkan pertunangannya dengan Kate Middleton pada bulan November lalu.

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah
J&T Connect Run 2024

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024