Putri William dan Kate Jadi Ratu Inggris?

Pangeran William & Kate Middleton
Sumber :
  • Showbizspy.Com

VIVAnews - Sejak menikah dengan Kate Middleton, masa depan Pangeran William selalu disorot. Bahkan, meski belum memiliki anak, kabar mengenai nasib anak-anak mereka sudah menjadi pembahasan utama di negara tersebut.

Jika William dan Kate dikaruniai anak laki-laki, anak tersebut otomatis akan langsung mewarisi tahta. Bahkan, jika nantinya, anak pertama mereka berjenis kelamin perempuan, anak pasangan itu kemungkinan akan menjadi ratu.

Aturan hierarki kerajaan Inggris siap mengalami perubahan, jika Kate melahirkan anak perempuan. Kabarnya, Perdana Menteri Inggris, David Cameron memiliki rencana untuk mengubah aturan tersebut demikian seperti dilansir dari People.

"Kami mendukung kesetaraan gender dalam semua aspek kehidupan. Dan akan menjadi keganjilan jika dalam aturan yang berkaitan dengan jabatan tinggi pejabat, kami terus mengabadikan superioritas laki-laki," kata Cameron seperti dikutip dari Hollywoodlife, Jumat, 14 Oktober 2011.

Tak hanya itu, jika pasangan ini memiliki anak perempuan, maka ia bisa jadi gadis pertama yang mewarisi area terkaya di Inggris. Itu karena perubahan tata hukum di Inggris memungkinkan ahli waris perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki untuk mendapat gelar Duchy of Cornwall dengan kekayaan senilai £700 juta atau Rp9,8 triliun.

Duchy of Cornwall ini membawahi 23 counties terutama di bagian selatan dan barat Inggris yang nilainya mencapai £712 juta. Menurut penghitungan tahun lalu, pemasukannya naik dua kali lipat dalam waktu sepuluh tahun.

Modernisasi hukum ini juga akan memungkinkan anak perempuan pertama mendapat tahta. Pada hukum sebelumnya, anak laki-laki pertama yang didahulukan. Peraturan hukum dengan nama The Sovreign Hibah Bill ini telah disahkan majelis tinggi Inggris, House of Lords, pekan lalu.

"Prinsip yang harus dijalankan dari hal ini ini adalah bahwa pria dan perempuan diperlakukan sama," kata Lord St John Stevas, ahli konstitusi seperti dikutip dari Daily Mail. (art)

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024