FOTO: Musisi Protes Penghentian RBT

Sejumlah Musisi di Jumpa Pers #Save RBT
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews – Sejumlah musisi Tanah Air berkumpul di Hard Rock Cafe, sore ini. Mereka memprotes rencana penghentian layanan ring back tone (RBT) mulai Selasa besok, 18 Oktober 2011. Para musisi yang hadir di antaranya Piyu ‘Padi’, Pasha ‘Ungu’,  Giring ‘Nidji’, Melly Goeslaw, Bunga Citra Lestari, Slank, Maia, ADA Band, Rossa, Fedi Nuril, dan Anji.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Menurut Melly, penghentian RBT sama halnya dengan membakar lumbung padi. "Kalau ada tikus yang mencuri ya tikusnya yang dibunuh. Jangan lumbungnya yang dibakar," kata Melly Goeslaw di Hard Rock Cafe, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 17 Oktober 2011.

Melly berharap kebijakan tersebut tidak jadi diberlakukan. Sebab pemberhentian RBT akan berimbas pada banyak unsur di dalamnya.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

"Lucu aja kalau distop. Akan ada banyak unsur yang harus dipertanggungjawabkan. Kalau ini sampai terjadi siapa yang paling beruntung? Menurut saya nggak ada," katanya.

Senada dengan Melly, penyanyi Rossa juga mengungkapkan bahwa RBT selama ini adalah dapur bagi para musisi. "Kebanyakan penghasilannya sekarang kan dari RBT. Kalau ada RBT berarti masih ada lah industri musik," ujar Rossa.

"Lagipula kalau distop sekarang, kasihan Ayu Ting Ting juga. Dia kan baru saja naik," ujar Melly Goeslaw.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Menurut penggebuk drum Slank, Bimbim, hal tersebut seharusnya bisa dihindari. "Jangan sampai karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Biarlah hukum yang berjalan. Jangan semua diruntuhkan," kata Bimbim.

Di awal berdirinya grup musik Slank, memang belum ada layanan RBT seperti sekarang ini. Namun kala itu penjualan kaset maupun CD secara fisik masih laris manis. Bisa dibilang, untuk saat ini layanan RBT adalah salah satu pendapatan terbesar yang didapat oleh para musisi.

"Orang-orang seperti kami yang berjualan jujur jadi kena (imbasnya). Primadona terakhir kami akhirnya dirampas juga, setelah kaset dan CD kami dibajak," katanya.

Sesuai dengan surat Edaran BRTI Nomor 177/BRTI/IX/2011, 10 operator telekomunikasi yang bergabung dalam Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) sepakat menghentikan layanan SMS premium per 18 Oktober 2011.

Ketua Umum ATSI, Sarwoto Atmosutarno, menyebutkan, penghentian layanan tersebut akan dimulai besok, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Seluruh layanan konten premium akan distop, termasuk misalnya, layanan seperti RBT.

“Meski begitu, pelanggan tidak perlu khawatir. Mereka yang telah membayar untuk layanan tersebut, akan tetap mendapatkan hak mereka hingga masa layanan berakhir,” kata Sarwoto.

Lihat foto-foto musisi Tanah Air yang hadir dalam jumpa pers 'Save RBT' di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya