"Tanpa Once, Dewa 19 Kehilangan Roh"

Yuke Sampurna
Sumber :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

VIVAnews - Di tengah rumor yang menyebut grup band Dewa 19 bubar, sang gitaris, Yuke, memastikan bahwa grup musik tersebut masih hidup. Hanya, tak memiliki jiwa.

Yuke mengatakan, Dewa 19 boleh dibilang vakum sejak sang vokalis, Elfonda Mekel, atau akrab disapa Once, mengundurkan diri. "Vokalis itu seperti ujung tombaknya band, kalo nggak ada ya susah jalan," ujar Yuke ketika ditemui di salah satu acara di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin, 14 November 2011.

Ketika ditanya apakah ia juga akan keluar dari Dewa 19? Ia menyatakan bahwa dirinya tidak boleh keluar. "Saya nggak boleh keluar sama Andra, yang keluar cuma Once," kata mantan personel band The Groove itu.

Ia menyatakan bahwa dirinya dan para Baladewa, sebutan fans Dewa 19, berharap grup musik yang melahirkan banyak hits itu bisa tetap eksis.

Namun, dengan vakumnya Dewa sekarang tidak menghalangi para personel tetap berkarya. "Andra punya karya juga, kalo karya kan nggak pernah berhenti. Tanggal 19 November ini saya coba gabung dengan orsun (orang Sunda) sama Iwa K, Budi Haryono, dan satu sinden," ujarnya.

Sementara itu, ke depan, Dewa 19 berencana menggelar reuni, dari formasi Dewa pertama kali hingga sekarang. "Saya masih mengharapkan supaya Once bisa gabung lagi buat rekaman," ujarnya.

Jadi, apakah Yuke merasa sedih dengan vakumnya Dewa 19 sekarang? "Sangat disayang sih, tapi saya jadi bisa berkarya banyak," ujarnya.

Pentolan grup band tersebut, Ahmad Dhani, mengungkapkan, kalaupun Dewa 19 membuat album lagi, maka akan muncul sebagai band nostalgia. Lantas apakah Dewa 19 benar-benar bubar? "Iya, vakum, bubar atau apalah sebutannya. Dan saya nggak bubarin. Memang Once-nya mengundurkan diri kan," ucapnya.

Dhani tidak akan memaksakan diri mencari pengganti Once. "Nggak sulit sebenarnya, bahkan Once menyarankan untuk menggaet Ari Lasso lagi, tapi saya nggak mau. Saya hanya ingin menjadikan Dewa sebagai band nostalgia," katanya.

Ditanya kapan Dewa akan kembali reuni, Dhani belum bisa memastikan. "Saya belum tahu. Kalau sekarang, kata Once juga terlalu dekat. Jadi, mungkin nanti, bisa tahun 2013," ujar Dhani. (art)

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya
PT Pos Indonesia (Persero) Salurkan Bansos dan PKH ke 2.500 Keluarga Penerima Manfaat

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024