Suvenir Siraman Aliya: Air Lancar Jodoh

Siraman Menjelang Pernikahan Aliya - Ibas
Sumber :
  • Pool/Wira

VIVAnews - Seluruh tamu yang menghadiri prosesi siraman putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Rubi Aliya Rajasa, tak pulang dengan tangan hampa. Datang tanpa kado, mereka pulang justru mendapat suvenir berupa tas rotan berbentuk kerang.

Lin Tarmizi, salah satu tamu undangan yang juga sahabat ibunda Aliya, Okke Hatta Rajasa, mengatakan bahwa Aliya tampil sangat cantik dan memesona selama mengikuti prosesi.

"Acaranya terasa begitu hikmat, suasana upacara adatnya penuh nuansa Jawa dan tentunya Aliya tampak sangat cantik dan alami," kata Lin usai menghadiri prosesi siraman di kediaman Hatta Rajasa, kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Selasa, 22 November 2011.

Lin lalu memamerkan bingkisan tas rotan berbentuk kerang yang didapatkan saat meninggalkan kediaman tersebut. "Ini tas rotan kosmetik, ada merek nama Aliya, karena besannya (mertua anak tertua Hatta) kan Mustika Ratu," ujarnya.

Seperti diketahui, putra sulung Hatta, Reza Ihsan Rajasa, menikah dengan Oktiniwati Ulfadariah, cucu BRA Mooryati Soedibyo, pemilik perusahaan kosmetika Mustika Ratu.

Yunita Zaini, kerabat Okke Rajasa, menambahkan, selain produk kecantikan bermerek Aliya, ada pula bingkisan suvenir berupa buku yang berisi doa-doa, dan salawat, berwarna biru muda. Dan satu suvenir lainnya adalah botol kecil berisi air siraman Aliya. "Ini air siraman, untuk jodoh, ini bisa untuk memperlancar jodoh anak kita," ucapnya.

Prosesi siraman di kediaman calon mempelai wanita diwarnai isak tangis bahagia. Hatta Rajasa beserta istri, tak kuasa menahan tangis saat putri mereka melakukan sujud sembah yang dalam adat Jawa disebut sungkem.

Dalam prosesi tersebut, seperti tergambar dalam televisi layar datar yang dipasang di tenda khusus media, Aliya mengenakan kebaya putih dibalut kain berwarna biru muda. Rambut Aliya tergerai indah, dengan roncean bunga melati.

Aliya berkali-kali meneteskan air mata saat melakukan sungkeman dengan orangtuanya, sebelum siraman. Terutama saat melakukan prosesi meminta izin kepada ibundanya, dia sampai harus menyeka air mata dengan sapu tangan yang diberikan saudara perempuannya.

Sebanyak 250 tamu undangan yang terdiri dari 100 anggota keluarga, 135 undangan dan 15 tim salawat mengikuti acara siraman yang digelar di halaman belakang kediaman Hatta. (umi)

MotoGP Amerika 2024, Marc Marquez Makin Nyaman Incar Podium di Sesi Full Race
Pembalap Aprilia, Maverick Vinales

Juara Sprint Race MotoGP Amerika 2024, Maverick Vinales Tebar Ancaman

Pembalap Aprilia, Maverick Vinales keluar sebagai juara sprint race MotoGP Amerika yang digelar di Circuit of the Americas, Minggu dini hari WIB 14 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024