FOTO: Prosesi Siraman Aliya Rajasa

Siraman Menjelang Pernikahan Aliya - Ibas
Sumber :
  • Pool/Wira

VIVAnews - Rangkaian pernikahan putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro dan Siti Ruby Aliya Rajasa memasuki prosesi siraman. Menggunakan adat Jawa, siraman berlangsung di kediaman masing-masing mempelai.

Untuk Aliya, siraman berlangsung di kediamannya di Golf Mension,  Fatmawati, Jakarta Selatan, sore ini, Selasa, 22 November 2011.

Berbalut kemben jumputan warna biru berpadu bolero dari roncean melati, Aliya duduk di samping gentong berisi air dari tujuh sumber mata air. Selain orangtuanya, Hatta dan Okke Rajasa, sejumlah sesepuh atau orang yang dituakan juga mengguyurkan air ke tubuh Aliya.

Dalam adat Jawa, siraman merupakan upacara memandikan calon pengantin agar menjadi suci dan murni. Sesaat sebelum upacara ini berlangsung, Aliya melakukan sungkem atau sembah sujud ke orangtuanya untuk meminta restu.

Air sisa siraman yang digunakan Aliya kemudian dibawa ke kediaman mempelai laki-laki di Puri Cikeas untuk dicampur dengan air siraman. Itulah mengapa siraman Aliya lebih dahulu dibandingkan siraman Ibas.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Simak foto-foto Aliya saat siraman dengan klik tautan ini. (umi)

Pendeta Gilbert Lumoindong

Pendeta Gilbert Akan Dilaporkan Lagi Jika Tak Sampaikan Permintaan Maaf Lewat Media

Ketua Umum PITI Ipong Hembing mengatakan pihaknya akan melaporkan pendeta Gilbert ke polisi jika tak sampaikan permintaan maaf ke media massa selama 3 hari berturut-turut

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024