Balada Pernikahan di Rumah Boneka

Teater Rumah Boneka
Sumber :

VIVAnews - Nora gelisah, hampir bercucura air mata. Di ruang lain, suaminya, Tomi Herlambang, memilah-milanh surat yang baru saja ia terima. Ada sebuah rahasia besar tersimpan, yang akan segera terkuak. Sebuah rahasia yang menjadi kunci kelangsungan pernikahan mereka.

Jika dalam pernikahan harus ada keterbukaan, tidak dalam kehidupan pernikahan Nora dan Tomi. Kehidupan mereka seolah berada dalam panggung pertunjukkan. Tomi dengan segala keangkuhan membina kesempurnaan hidup keluarga. Sedangkan Nora hidup bak boneka dalam aturan-aturan, selalu diremehkan dan tak boleh berpendapat.

Tak hanya itu, kehidupan  pernikahan mereka pun dihiasi teka-teki dari orang-orang terdekat. Togar, Linda, dan dr Franky menyimpan sebuah cerita yang saling berangkai. Semakin rumit. Cerita pun semakin kompleks, yang terangkai dalam Tetaer Rumah Boneka. 

Teater Rumah Boneka merupakan hasil adaptasi dari teater realis A Doll's House karya Henrik Ibsen yang mengangkat fenomena kehidupan rumah tangga, di mana Nora berjuang menyelamatkan nyawa suaminya dari jeratan kanker dengan caranya sendiri.

Digambarkan dengan jelas oleh Maya Hasan, salah satu pemeran Nora selain Chantal Della Concetta, Nora adalah sosok yang rapuh, manja, hidup bergelimang harta, kekanakan, dan ceroboh. Itulah mengapa Tomi Herlambang (Ayez Kassar) memerlakukannya seperti boneka kecil yang manja dan selalu meremehkannya.

Konflik batin membuat karakter Nora berubah drastis setelah sebuah misteri terkuak. Kuat, penuh amarah, dan penyesalan membawanya pada satu titik keputusan pada pernikahannya dengan Tomi.

Cerita semakin kompleks dengan kehadiran sahabat-sahabat Nora dan Tomi. Togar (Teuku Rifnu Wikana), sahabat dan rekan kerja Tomi, menuntut pemulihan atas harga dirinya yang terinjak-injak. Tak disangka, ia memiliki masa lalu yang akhirnya memengaruhi kelangsungan pernikahan Nora dan Tomi.

Linda (Ayu Dyah Pasha), sahabat lama Nora yang baru saja ditinggal oleh suami kayanya. Keinginannya untuk bekerja di Bank Rekayasa Dana pimpinan Tomi membuatnya merapat pada kehidupan pernikahan Nora dan Tomi. Lain lagi dengan dr. Franky (Willem Bevers), sahabat Nora dan Tomi, yang diam-diam menyimpan hati pada Nora.

Faiza Mardzoeki dan Wawan Sofwan melihat karya Henrik Ibsen mampu mengangkat fenomena pada kehidupan pernikahan masyarakat Indonesia. Di mana, wanita kerap kali tidak memikirkan secara matang pernikahan yang akan mereka jalani. Budaya partriarki sangat kental terasa dengan dominasi kekuatan Tomi Herlambang dalam memutuskan segala hal dalam pernikahan, bahkan ia tak suka jika Nora bekerja menghasilkan uang untuk membantunya.

Drama ini juga mengangkat pertanyaan besar terhadap keadilan agama. Digambarkan kekecewaan Nora terhadap keberpihakkan agama kepada laki-laki.

Menurut Faiza, "Teater ini sarat akan nilai-nilai moral pernikahan dan wajib ditonton oleh masyarakat, khususnya wanita."

Pertunjukan teater realis Rumah Boneka akan berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta pada 30 November hingga 4 Desember 2011 dengan harga tiket berkisar antara Rp75 ribu hingga Rp250 ribu.

Baca juga: Rumah Boneka, Cerita tentang Pernikahan

Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah
J&T Connect Run 2024

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024