Hanung Luncurkan DVD dan Novel '?'

Hanung Bramantyo di Jumpa Pers Film Tendangan Dari Langit
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews- Film besutan Hanung Bramantyo kembali dirilis dalam bentuk DVD. Setelah 'Sang Pencerah', kali ini, filmnya yang berjudul '?' hadir dalam format DVD. Tak hanya itu, film yang dibintangi oleh Rio Dewanto, Agus Kuncoro, Reza Rahadian dan Revalina S Temat ini juga dirilis dalam bentuk novel.

"Ini momentum kita menandai suatu kebebasan ekspresi karena tidak ada laporan juga setelah menonton film ini jadi murtad. Film adalah film," kata Hanung Bramantyo saat peluncuran DVD filmnya di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Februari 2012.

Mengenakan kaos warna abu-abu, Hanung menuturkan bahwa kemunculan novel dan DVD tersebut memang sempat tertunda. Usai penayangan perdananya pada 7 April 2011 lalu, '?' pernah menuai kontroversi.

"Pertimbangannya banyak sekali termasuk tentang keamanan, banyak tempat yang takut. Itu juga yang kemudian menimbulkan momok," ujarnya.

Sutradara asal Yogyakarta itu optimistis dengan adanya DVD dan novel '?', film ini bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Khususnya bagi masyarakat yang belum sempat menonton filmnya.

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Hingga kini, animo penonton menyaksikan film ini masih tinggi. Bulan Januari lalu dilakukan pemutaran film di Ohio State University dan Columbia University Amerika Serikat.

"Film ini bukan doktrin budaya. Siapa tahu setelah menonton filmnya, malah bisa melahirkan karya-karya baru. Jadi karya dibalas dengan karya. Karena namanya karya manusia tidak ada yang sempurna," kata suami Zaskia Mecca itu.

Ada sekitar 3.000 keping DVD '?' yang diproduksi oleh Jive. Sementara novelnya diterbitkan oleh Mahaka, judul yang digunakan untuk novel adalah 'Harmoni Dalam Tanda Tanya' yang merupakan kontribusi dari pemenang sayembara film ini setahun lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

 Pertemuan antara Timnas Indonesia U-23 dengan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 menjadi sorotan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024