Garin Nugroho: 'Soegija' Film Termahal Saya

Garin Nugroho
Sumber :

VIVAnews - Setelah sukses menggarap film 'Mata Tertutup', sutradara Garin Nugroho kembali menggarap film layar lebar 'Soegija'. Ia mengaku film terbarunya ini menjadi film termahalnya. Bagaimana tidak, untuk merampungkan film ini, ia harus mengeluarkan dana sebesar Rp12 miliar.

Di film ini, Garin harus menggunakan perlengkapan kuno yang tak sedikit untuk mendukung properti filmnya. Maka tak heran, jika ia harus mengeluarkan biaya besar.

"Film 'Soegija' ini film termahal saya, karena memang banyak pengeluaran dan budget tidak sedikit untuk mendapat perlengkapan tahun 1940-an. Kebanyakan, barang-barang itu adalah barang kuno masa kemerdekaan," ujar Garin Nugroho kepada VIVAnews saat ditemui di Epicentrum, Jakarta, Kamis 26 April 2012.

Film yang didukung oleh 2.275 pemain ini diharapkan oleh Garin bisa memberi inspirasi bagi para penontonnya. Film ini banyak bertutur soal multikultural dan nasionalisme.

Garin pun menceritakan sedikit gambaran kisah dari film ini. "Ceritanya, Romo Kanjeng, sapaan sehari-hari Soegija, hidup sebagai pemimpin di tengah benturan begitu banyak ideologi lokal bahkan dalam skala global. Dan bagaimana di tengah benturan ideologi dan chaos-nya sebuah bangsa, Soegija harus mampu memberikan inspirasi tentang mutikultural dalam basis nasionalisme," kisah Garin.

Film dengan menggunakan enam bahasa ini menggandeng sejumlah nama seniman dan aktor juga aktris ternama seperti Landung Simatupang, Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Nirwan Dewanto, dan Olga Lidya.

Mengambil setting waktu masa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tahun 1940-1949, film ini juga akan menjadi karya perdana SAV Puskat di dunia layar lebar.

Viral Ramalan Hard Gumay Soal Chandrika Chika: Kurangi Aktivitas yang Banyak Melanggar Aturan

"Film ini akan dirilis dan ditayangkan serentak tanggal 7 Juni 2012 di bioskop seluruh Tanah Air," ujarnya. (art)

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Suci Winata Masih Setia

Baru-baru ini, Ari Sigit menjadi pusat perhatian di media sosial. Cucu Soeharto itu telah sah menjadi suami dari Suci Winata. Awalnya, perhatian terhadap mereka muncul se

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024