Bjork Peduli Lingkungan Islandia

VIVAnews - Bintang Pop asal Islandia, Bjork, punya rencana mulia menyelamatkan ekonomi negaranya yang sakit. Tidak cukup itu, Bjork mendesak pemerintah membantu bisnis-bisnis lokal yang ramah lingkungan dari pihak korporasi asing yang kerap menyumbang polusi.

Islandia dihujam oleh krisis ekonomi global. Beruntung, negara itu memiliki artis yang peduli lingkungan. Penyanyi kelahiran 21 November 1965 ini ingin pemerintah memanfaatkan keterpurukan ekonomi ini sebagai kesempatan untuk membersihkan lingkungan. Bjork tidak main-main, kali ini dia marah atas rencana pembangunan dua pabrik pengolah aluminium besar di Islandia. Ia mendesak pemerintah mempromosikan sumber bahan bakar alami.  

Bjork bahkan menulis di artikel surat kabar, "Banyak warga Islandia menentang pembangunan pabrik pengolah alumunium ini. Mereka lebih memilih melanjutkan untuk membangun perusahaan lebih kecil yang dapat mereka miliki sendiri, dan mendapat pemasukan dari situ.
"Biasanya, saya tak mengurusi masalah politik. Saya bahagia dengan dunia musik yang saya geluti. Tapi saya terjebak untuk terjun ke dunia ini karena para politisi mengacaukan ekosistem alami Islandia.

"Pabrik pengolahan alumunium akan memakan energi dari energi geotermal tanaman. Pembangunan pabrik produksi metal tersebut dapat merusak hutan belantara asli, musim semi yang panas, dan padang lava.

"Menyimpan energi geotermal tidak dapat berkelanjutan. Kita menghadapi bencana dengan mempertaruhkan segalanya demi finansial. Jika kita membangun dua pabrik produksi alumunium. Islandia akan menjadi pabrik pengolah  alumunium terbesar di dunia. Dan hanya menyisakan sedikit tempat bagi yang lain. Jika harga alumunium jatuh, akan jadi bencana.

"Islandia seharusnya dapat lebih kreatif untuk memenuhi kebutuhannya. Seharusnya kita tidak lagi melakukan pendekatan sepeti abad ke 19. Pendekatan yang ada seharusnya lebih ramah lingkungan."

"Mari kita memanfaatkan krisis ekonomi ini secara berkelanjutan. Ajarkan pada dunia segala hal yang kita tahu tentang energi geotermal tumbuhan. Dukung perusahan-perusaan yang ramah lingkungan. Dukung rakyat kecil."

"Barangkali akan menghabiskan waktu lama untuk mulai membangun dan menghasilkan keuntungan, tapi ini adalah rencana yang solid, stabil, dan berdiri secara mandiri tanpa bisa diombang-ambing oleh gejolak ekonomi di Wall Street, dan harga alumunium yang tak pasti. Rencana ini membantu Islandia agar tetap indah, dan tak tersentuh.

Bjork bernama asli Bjork Gudmundsdottir adalah anak Islandia asli, kelahiran Reykjavik. Bjork membentuk grup 'Sugarcube' pada 1986. Tahun 1992, singlenya "Hit" pada album Stick Around For Joy sukses besar. Sayangnya, grup musiknya 'Sugarcubes' tidak dapat dipertahankan, dan pecah pada tahun itu juga.

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika
Chandrika Chika.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kabar menghebohkan datang dari selebgram Chandrika Chika yang resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus narkoba. Chika dicokok oleh polisi bersama lima orang.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024