Tari Pendet Diklaim Sebagai Milik Malaysia

Fariz RM: Cinta Tanah Air Harus Ditanamkan

VIVAnews - Produk seni dan budaya kita yang diakui oleh negara lain, memang terdengar menyedihkan. Fariz RM adalah salah satu musisi yang peduli akan 'pencurian' seni budaya ini.

Setelah batik sempat diakui berasal dari Negri Jiran, kini budaya Tari Pendet kembali diklaim sebagai milik Malaysia. Kontan saja hal ini menuai banyak protes dimana-mana. Slogan kalimat 'ganyang Malaysia' pun dengan ekstrim makin disuarakan.

Apa sebenarnya yang mendasari hal ini? Fariz RM, seorang musisi kawakan Indonesia era 80-an, antusias memberi tanggapan.

"Saya nggak tau persis kenapa ini bisa terjadi, mungkin karena orang Indonesia nggak pernah bangga dengan tanah airnya sendiri sehingga tak pernah terpanggil untuk memperkenalkan negaranya," ujar Fariz saat menggelar acara buka puasa di Cafe Pisa beberapa waktu silam.

Saking cinta dan bangganya Fariz pada Indonesia, sang musisi pernah menulis di sebuah orkestra yang dipimpin Dwiki Darmawan, dengan kalimat," Alhamdulillah saya merasa bangga dan terhormat menjadi musisi Indonesia dan saya bersyukur tidak menjadi birokrat."

Menurut Fariz, dengan kejadian ini, semoga bisa menjadi hikmah agar kita bisa lebih mencintai tanah air dan kebudayaan milik kita sendiri.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah

Menaker Ida Fauziyah Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics

Menaker Ida Fauziyah berhasil meraih 2 Penghargaan di ajang “5th Anniversary Indonesia Best 50 CEO Awards, Popular Leader Awards, & 20 Inspiring Women Awards.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024