7 Drama Korea Termahal Sepanjang Masa, Sukses atau Gagal?

Adegan di Descendants of the Sun
Sumber :
  • KBS

VIVA – Tak hanya produksi film yang bisa memakan biaya fantastis, industri drama di Korea Selatan, yang tayang beberapa episode, juga disebut-sebut mengeluarkan biaya hingga miliaran rupiah demi hasil memuaskan. 

Sempat Ditunda, Ini Sinopsis Kill Heel yang Tayang Malam Ini

Akan tetapi sukses atau justru sepi peminat kah drama dengan bujet super mahal itu. Yuk cari tahu drama apa saja sih yang menghabiskan biaya sangat mahal, dan apakah biaya mahal yang dikeluarkan sebanding dengan kesuksesan filmnya. 

Berikut tujuh drama Korea dengan biaya produksi termahal sepanjang sejarah, seperti dilansir dari berbagai sumber. 

Drama Thirty-Nine Gak Tayang Minggu Depan, Ini Alasannya

1. Descendants of the Sun

Tahu dong dengan drama yang mewabah di seluruh dunia dan melambungkan kembali nama Song Hye Kyo dan Song Joong Ki ini. KBS drama menghabiskan banyak uang untuk aktor, kru dan lokasi syuting, yang sebagian besar diambil di luar negeri. 

10 Drama Korea Bikin Nangis, Siapin Tisu Kalau Mau Nonton

Tapi pengeluaran yang disebut mencapai angka 11,8 juta dolar atau sekitar Rp161 miliar ini sebanding dengan pencapaian akhirnya. Di episode terakhir drama dari penulis Kim Eun Sook ini berhasil meraih rating 38.8 persen. 

2. Gu Family Book

Dibintangi Suzy dan Lee Seung Gi drama kolosal sepanjang 24 episode ini kabarnya menghabiskan biaya sebesar 13,2 juta dolar atau sekitar Rp178 miliar. Tayang sejak April 2013 drama ini berhasil meraih banyak penghargaan di zamannya. 

3. Goblin

Dibintangi Gong Yoo dan Lee Dong Wook, drama ini meraih penghasilan tertinggi sepanjang sejarah tvN dengan 900 juta won setiap episodenya atau sekitar Rp11,2 miliar. Keberhasilan drama Kim Eun Sook ini dianggap berhasil memuaskan penonton, tak hanya karena kontennya yang menarik, tapi juga teknik pengambilan gambar yang indah. 

Drama ini menghasilkan rating tertinggi 18,6 persen. Ini sebanding dengan biaya fantastis yang dikeluarkan sebesar 13,2 juta dolar atau setara dengan Rp178 miliar. 

4. Moon Lovers

Drama yang diproduksi oleh YG Entertainment ini menelan biaya cukup besar sekitar 13,6 juta dolar atau sekitar Rp184 miliar untuk promosi, aktor dan lokasi. Sayangnya drama yang dibintangi Lee Joon Gi ini dianggap tak sukses di negara asalnya dengan meraih rating hanya sebesar 7,59 persen. 

5. Criminal Minds

Angka pasti anggaran drama ini tak disebut secara pasti namun katanya mencapai lebih dari 16 juta dolar atau sekitar Rp220 miliar. Sayangnya drama yang juga dibintangi Lee Joon Gi ini dinilai tak sukses dengan rating tertinggi hanya sebesar 4,18 persen di episode pertama dan terus menurun. 

6. IRIS and Athena (Goddess of War)

Drama spin off keduanya ini menghabiskan biaya cukup besar untuk 20 episode yang tayang. Dua drama berkaitan itu meraih hasil yang cukup berbeda, jika IRIS meraih rating tertinggi 35,5 persen, maka Athena meraih angka 25,9 persen. Drama ini kabarnya menelan biaya 18 juta dolar atau sekitar Rp247 miliar. 

7. The Legend of The Blue Sea

Drama Legend of The Blue Sea

Dibintangi Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun, drama ini menelan biaya 20 juta dolar atau sekitar Rp271 miliar. Rating tertinggi drama ini mencapai 20 persen. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya