6 Peraih Oscar Tak Hadiri Penghargaan, Ada yang Ketiduran

Pembuatan Piala Oscar di New York, AS
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVA – Ajang Academy Awards ialah penghargaan paling bergengsi di Hollywood. Banyak artis berusaha menampilkan peran terbaiknya, demi diganjar sebagai aktor dan aktris terbaik di ajang ini.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Tetapi, itu tidak berarti bahwa semua orang ingin memenangkannya. Selama 90 tahun, beberapa artis terbaik Hollywood, bahkan tidak hadir untuk menerima penghargaan. Beberapa di antaranya, menolak tawaran tersebut. Lalu, siapa saja bintang Hollywood yang pernah menolak Piala Oscar?

  1. Marlon Brando
Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Menang Besar

Mengetahui bahwa dia masuk kategori aktor terbaik karena perannya sebagai Vito Corleone di The Godfather, Brando memboikot Oscar pada 1973. Sebagai gantinya, dia meminta aktivis asli Amerika Sacheen Littlefeather untuk hadir. Dia naik ke atas panggung untuk menerima penghargaannya dan saat dia membaca pidato Brando tentang penganiayaan penduduk asli Amerika dalam film, dia dicemooh.

The Zone of Interest Segera Tayang di Bioskop Indonesia, Raih Nominasi Film Terbaik Oscar
  1. Woody Allen

Woddy Allen

Penulis dan pembuat film Woddy Allen tidak pernah menghadiri upacara penghargaan ini. Bahkan, pada Oscar 1978, saat ia memenangkan film terbaik, naskah orisinil terbaik, dan gambar terbaik untuk Annie Hall. Namun, dia menghadiri upacara tersebut pada 2002, untuk memperkenalkan film yang dibuat di New York, untuk menghormati kota tersebut setelah serangan 11 September.

Allen mengatakan, "Keseluruhan konsep tentang penghargaan itu konyol. Saya tidak dapat mematuhi keputusan orang lain, karena jika Anda menerimanya saat mereka mengatakan bahwa Anda pantas mendapatkan sebuah penghargaan, maka Anda harus menerimanya saat mereka mengatakan tidak."

  1. Paul Newman

Setelah enam nominasi akting dan dua Oscar kehormatan, Newman akhirnya mendapat kemenangan untuk The Color of Money pada 1987. Tetapi, dia tidak ada di sana untuk menerimanya.

"Ini seperti mengejar seorang wanita cantik selama 80 tahun. Akhirnya, dia mengalah, dan Anda berkata, 'Saya sangat menyesal. Saya lelah.'"

  1. Banksy

Artis grafiti asal Inggris yang misterius ini, begitu menghargai anonimitasnya. Pada 2011, film debutnya, Exit Through the Gift Shop dinominasikan untuk film dokumenter terbaik. Tetapi, Bansky diberitahu bahwa dia tidak bisa menghadiri upacara tersebut dengan topeng.

Eksekutif Academy Bruce Davis mengatakan kepada Entertainment Weekly, "Skenario yang menyenangkan tapi menggelisahkan adalah jika film tersebut menang dan lima orang di topeng monyet datang ke panggung, semuanya berkata, 'Saya Banksy,' untuk apa kita memberikannya?" Namun, akhirnya hal tersebut tak jadi persoalan, karena film Bansky kalah di ajang ini. 

  1. Peter O'Toole

Pada 2003, O'Toole menjadi orang pertama yang menolak Oscar. Selama 44 tahun, dia dinominasikan untuk aktor terbaik delapan kali dan tidak pernah menang. 

Dia menulis sepucuk surat ke Academy yang mengatakan, "Saya masih dalam permainan dan mungkin akan memenangkan penghargaan indah itu secara langsung. Akankah Academy menunda penghargaan ini sampai aku berumur 80 tahun?"

Setelah presiden Academy memberitahunya bahwa Paul Newman dan Henry Fonda menang setelah menerima kehormatan Oscar, O'Toole menyerah dan menerima penghargaan tersebut pada 2003.

  1. Eminem

Eminem

Saat Eminem memenangkan lagu orisinal terbaik untuk Lose Yourself pada 2003, dia tidak ada di sana untuk menerimanya. Penghargaan itu diterima oleh rekannya, Luis Resto.  

Eminem dikabarkan sedang tidur, saat lagunya diberi penghargaan. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan bahwa dia melewatkan upacara tersebut, karena dia tidak berpikir dia punya kesempatan. Mungkin dia mengira Bono akan menang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya