Alasan Sutradara Gundala Diganti, dari Hanung ke Joko Anwar

Joko Anwar Sutradara Film Gundala
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Sejak September 2014, film Gundala Putra Petir ramai diberitakan akan diproduksi oleh Mahaka Pictures dan Bumilangit Studios dengan menggaet sutradara Hanung Bramantyo.

Trending No 1, Serunya Teaser Trailer Film Satria Dewa: Gatotkaca

Namun, film yang rencana awalnya akan rilis pada 2016 itu pun tak jelas kabarnya. Hingga kemudian pada April 2018, Screenplay Films, Legacy Pictures, serta Bumilangit Studios, mengumumkan kembali rencana penggarapan film tersebut. Bukan Hanung, Gundala akan dibidani oleh sutradara Joko Anwar.

Terkait perubahan sutradara itu, produser dari Screenplay Films, Wicky V Olindo menjelaskan, ada ketidakcocokan antara Hanung dan Bumilangit Studios yang menjadi pemegang hak karakter komik Gundala. Itulah yang membuat pengerjaan proyek ini ditunda sementara.

Anak Sembuh Cepat dari COVID-19, Ini Rahasia Zaskia Adya Mecca

Keinginan Bumilangit Studios agar kisah dari komik legendaris karya almarhum Hasmi ini bisa menjadi lokomotif munculnya jagoan-jagoan lain asli Indonesia yang karakternya mereka miliki, tidak sejalan dengan keinginan Hanung kala itu.

"Gundala ini akan menjadi proyek pertama dari sekian banyak Intellectual Property yang dimiliki Bumilangit. Gundala harus jadi lokomotif, karena kalau tidak berhasil, karakter yang lain juga tidak akan berhasil," kata Wicky di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 April 2018.

Kondisi Terkini 2 Anak Zaskia Adya Mecca yang Terpapar COVID-19

Hasmi, penulis komik Gundala Putra Petir semasa hidup

Hasmi, pencipta tokoh superhero Gundala.

"Dalam proses pencarian itu ada banyak sineas dan produser yang tertarik, malah sempat announced salah satu sutradara (Hanung)," dia menambahkan.

Wicky menjelaskan, ketidakcocokan antara pihaknya dan Hanung terjadi saat proses pengembangan naskah film tersebut. Mau tak mau, mereka harus rela menunda proyek film ini selama lebih dari empat tahun, guna mencari sutradara yang cocok dengan visi mereka.

"Ketika development script, bukannya jelek, tetapi tidak ada kecocokan untuk jadi lokomotif dari IP yang sekian banyak. Akhirnya setelah 4 tahun mencari (sutradara), ada satu visi yang ditawarkan Joko yang cocok dengan Bumilangit untuk lima tahun ke depan. Makanya kami memilih Joko yang menjadi sutradara untuk film pertama Bumilangit," ujarnya.

Joko Anwar garap film Gundala

Gundala akan disutradarai Joko Anwar

Selain itu, Imansyah Lubis dari pihak Bumilangit Studios juga menjelaskan bahwa setelah Gundala, nantinya mereka akan menggarap sejumlah karakter jagoan asli Indonesia lainnya. Meski demikian, dia pun masih enggan menyebut siapa saja sosok jagoan yang akan digarap menjadi film layar lebar tersebut.

"Tunggu tanggal mainnya, Gundala ini akan menjadi IP pertama dari Bumilangit yang difilmkan," ujar Imansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya