Film Jolie Buka EoS 2018 di Indonesia, Cek Sinema Lainnya

The Breadwinner
Sumber :
  • Elevation Pictures

VIVA – Festival film Eropa, Europe on Screen 2018, akan dibuka dengan film The Breadwinner yang masuk nominasi Oscar untuk kategori film animasi panjang. Film ini diproduseri oleh Angelina Jolie yang merupakan kerja sama produksi internasional antara Irlandia dan Luxembourg. 

Festival Europe on Screen Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, My Big Night, suguhan drama-komedi akan menjadi penutup festival yang digelar pada 3-12 Mei 2018. EoS akan diselenggarakan di enam kota, yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya.

Bukan tanpa alasan film The Breadwinner dan My Big Night dipilih menjadi pembuka serta penutup festival. Meninaputri Wismurti selaku festival co-director mengatakan, film-film di atas punya cerita yang cocok untuk penonton Indonesia.

Europe on Screen Hadir Kembali, Wilayah Pemutaran Film Ditambah

"The Breadwinner bercerita tentang seorang anak yang hidup dalam represi agama dan negaranya. Dengan kepolosannya, bagaimana anak ini ingin sekali menyelamatkan orangtuanya. My Big Night sendiri berkisah tentang di balik produksi sebuah ajang menyanyi dan sebagainya. Film-film ini kami anggap related dengan penonton Indonesia sekarang," katanya di Institut Francais Indonesie, Kamis, 19 April 2018.

Selain dua film besar tersebut, EoS 2018 akan menyajikan 93 film yang berasal dari negara-negara Uni Eropa lainnya. Tiga film panjang dan satu dokumenter Indonesia akan diputar di festival ini.

Bahasa Indonesia yang Kaya, Tantangan Pembuat Subtitle Asing

Film-film tersebut merupakan film yang mengambil lokasi syuting di Eropa, seperti Satu Hari Nanti, Surat dari Praha, serta Laura dan Marsha.

Autumn Sonata

Film Spesial

EoS 2018 juga akan menyajikan program spesial tentang Ingmar Bergman, sutradara terkenal dari Swedia yang sudah menghasilkan 60 film layar lebar, televisi, dan dokumenter. Bergman juga pernah meraih penghargaan Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

"Tahun ini merupakan ulang tahun ke-100 Ingmar Bergman. Kami akan menghadirkan tiga film klasik beliau, Autumn Sonata, The Seventh Seal, dan Wild Strawberries. Ada juga archive interview yang belum pernah tayang sebelumnya," seru Nauval Yazid, festival co-director pada kesempatan yang sama.

Sejumlah kejutan lain juga dipersiapkan penyelenggara. Nauval mengatakan, ada exclusive preview dan surprise screening yang belum bisa diungkap.

EoS 2018 akan dibuka untuk umum dan gratis. Tiket akan tersedia di lokasi pemutaran satu jam sebelum film dimulai. Jadwal selengkapnya bisa dilihat di europeonscreen.org.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya