Bahasa Italia Jadi Tantangan Terberat Dion Wiyoko

Dion Wiyoko
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA – Aktor Dion Wiyoko mengaku tantangan terbesarnya saat memerankan sosok Arie dalam film terbarunya, The Gift, adalah melafalkan sejumlah kalimat berbahasa Italia.

Isi Suara Honghui di Film Mulan, Suara Dion Wiyoko Sampai Serak

Apalagi, dalam perannya sebagai seorang dokter di film itu, sejumlah istilah medis ikut menambah beban perbendaharaan katanya dalam bahasa Italia tersebut.

"Bahasa Italia itu susah, apalagi pas yang ada bahasa atau istilah kedokteran gitu," kata Dion di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu 19 Mei 2018.

Dion Wiyoko: Banyak Anak Tak Punya Smartphone dan Kuota untuk PJJ

Apalagi, dialek Italia yang menurutnya sangat asing di lidahnya, kerap membuatnya salah mengucapkan lafal kata di sejumlah dialog. "Jadi lidah itu kayak belibet mulu," kata Dion.

Dion Wiyoko

Sentil Pemerintah, 'Susi Susanti: Love All' Bukan Film Olahraga Biasa

Beruntung, dia dibimbing oleh seorang berkebangsaan Italia saat belajar mengucapkan dialog-dialog tersebut.

Sehingga, waktu belajar bahasa Italia selama satu minggu yang dijalaninya selama proses syuting benar-benar sangat membantunya, dalam upaya melafalkan dialog berbahasa Italia tersebut dengan benar.

"Untungnya waktu syuting itu ada orang Italia yang ngajarin agar bahasanya bisa lebih kasual, jadi mudah dipahami," ujarnya.

Film 'The Gift' berkisah tentang seorang penulis novel bernama Tiana (Ayushita), yang jatuh hati pada seorang pemuda tunanetra bernama Harun (Reza Rahadian). Dia merasa memiliki kesamaan dengan Harun, karena pernah berada dalam kegelapan yang serupa saat dirinya masih kecil.

Deretan pemain di film ini pun tak tanggung-tanggung, karena turut menghadirkan nama-nama ikonik di dunia film lokal seperti Reza Rahadian, Ayushita, Dion Wiyoko, dan Christine Hakim. Sesuai rencana, film 'The Gift' ini bisa disaksikan di bioskop Tanah Air mulai 24 Mei 2018 mendatang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya