Marlina si Pembunuh Tayang di Bioskop Amerika dan Kanada

Adegan dalam film Marlina si Pembunuh
Sumber :
  • Bobby Agung/ VIVA.co.id

VIVA – Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak tayang secara terbatas di bioskop Amerika Serikat sejak Jumat, 22 Juni 2018. Hal itu bisa terlaksana karena kerja sama distribusi film Marlina di Amerika, Icarus dan Kimstim. Keduanya bukan nama asing lagi untuk distributor film arthouse.

Pemain Film Marlina Si Pembunuh Empat Babak Melenggang ke Broadway

Marlina kali pertama diputar di Directors Fortnight, Cannes, pada Mei 2017. Sejak saat itu, Marlina (dalam judul Bahasa Inggris, Marlina The Murderer in Four Acts) mengelilingi lebih dari 40 negara dan masuk seleksi di berbagai festival film internasional bergengsi.

Tak banyak memang film yang diputar di Amerika, selain film arahan Mouly Surya ini. Sebelum Marlina, ada The Raid dan The Act of Killing. Pemutaran Marlina di sejumlah bioskop AS diharapkan memperluas audiens perfilman Indonesia.

Daftar Lengkap Peraih Piala Citra FFI 2018

"Festival film internasional seperti Cannes dari awal kami jadikan strategi penting sebagai etalase untuk memperluas jalur distribusi film. Theatrical Release di Amerika menjadi penting untuk memperkenalkan Mouly Surya dan film Indonesia ke audiens Amerika secara umum.” kata produser, Rama Adi, dalam rilis yang diterima VIVA baru-baru ini.

Selain tayang di Amerika, Marlina juga akan diputar di bioskop Kanada mulai 29 Juni 2018. Marlina memang mendapat sambutan hangat di negara-negara tersebut.

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak Raih Nominasi Terbanyak FFI 2018

Salah satu tolak ukur bisa dilihat dari situs Rotten Tomatoes di mana para kritikus memberikan tomatometer 96 persen, angka yang cukup tinggi untuk film dari luar negeri.

Selain itu, Marlina pernah mencatat nama di Sitges International Fantastic Film Festival di Spanyol tahun lalu. Marsha Timothy selaku pemeran utama berhasil meraih penghargaan Best Actress dalam ajang tersebut.

Marlina merupakan hasil kerja sama Cinesurya dengan Kaninga Pictures, Sasha & Co. Production (Prancis), Astro Shaw (Malaysia), Hooq Originals (Singapura), dan Purin Pictures (Thailand). Marlina mendapatkan dukungan dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Prancis lewat Cinemas du Monde dan pusat sinema CNC, Institut Francais.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya