Sebelum Tutup Usia, Tino Saroengallo Kangen Tio Pakusadewo

Tino Saroengallo
Sumber :
  • FB Tino Saroengallo

VIVA – Sejak aktor Tio Pakusadewo mendekam di penjara karena tersandung kasus narkoba, rupanya sang sahabat, aktor sekaligus produser film, Tino Saroengallo, merindukan sosok Tio yang tak pernah lagi menjenguknya ketika ia sakit.

Terpopuler: Cerita Tio Pakusadewo Tidur Berdiri di Sel Tikus, Irish Bella Berdarah Belgia

Kini, ketika Tino sudah meninggal dunia, aktor Teuku Rifki Wikana menyampaikan kesedihan tersebut saat momen pemakaman Tino di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, 27 Juli 2018. Ditemani aktris Prisia Nasution, Rifki juga menyatakan kesedihannya telah kehilangan sosok panutan dalam dunia perfilman.

"Tapi yang sedih banget, karena ada salah satu yang enggak bisa hadir di sini, sahabat dia, Bang Tio Pakusadewo. Dia pasti sedih banget," ujar Rifki saat berada di TPU Tanah Kusir.

Tidur hingga Berdiri, Ini Cerita Tio Pakusadewo dan Andika Mahesa di Sel Tikus

Ternyata, salah satu alasan kedekatan Tino dengan Tio Pakusadewo adalah mereka memiliki kesamaan pemikiran, terkait masalah pemerintahan yang dirasa masih perlu banyak dibenahi.

"Sebagai sesama filmmaker. Memang mereka kan stok lama, ya. Dari zaman konflik 1998, Bang Tio masih kantoran, Bang Tino bergerak di dokumenter sama teman-teman asal Jerman, ia fokusnya ke sistem pemerintahan yang dirasa harus dibenahi. Ketemunya, ya, karena sama-sama filmmaker, dan mereka merasa harus buat sesuatu yaitu (film) Pancasila," kata dia.

Ammar Zoni Ungkap Kehidupan di Rutan Cipinang Tidak Seburuk yang Diceritakan Tio Pakusadewo

Tino Saroengallo merupakan salah satu produser yang banyak disegani sineas Indonesia karena wataknya yang keras kepala. Kendati demikian, Rifki yang ditemani aktris cantik, Prisia Nasution, dengan tegas mengatakan bahwa sosok Tino yang seperti itu bertujuan untuk kebaikan bersama.

"Kalau dulu kan Om Tino terkenal dengan mulutnya (ceplas-ceplos), enggak ngaruh sebenarnya, mulut kayak gimana yang penting hatinya baik. Tetapi dari dalam (hati) ketulusan dia juga sih. Buktinya, semuanya sekarang ada di sini, ada di rumahnya," timpal Prisia. (ase)

Tio Pakusadewo

Yayu Unru Meninggal, Tio Pakusadewo: Dia Malaikat Buat Saya

Aktor Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 8 Desember 2023. Yayu meninggal dunia setelah sebelumnya mengalami serangan jantung dan dirawat di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023