A Gift Raih Piala di Festival Film Internasional Venezia

Muhammad Khan dan Garin Nugroho di The 75th Venice International Film Festival
Sumber :
  • KBRI Roma/ Anderas Rentz

VIVA – Film Kado (A Gift) karya Aditya Ahmad menjadi sorotan pada Sabtu 8 September 2018. Saat itu, film ini diumumkan sebagai film pendek terbaik dalam kompetisi Orizzonti pada The 75th Venice International Film Festival 2018 di Lido, Venezia.

Review Film Not Friends, Wakili Thailand di Oscar 2024 dan Segera Tayang di Indonesia

Film berdurasi 15 menit tentang pergulatan remaja dalam menemukan identitasnya tersebut, dipilih dari 12 judul yang diseleksi dari seluruh dunia.

Selain Kado (A Gift), Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) karya Garin Nugroho juga masuk dalam seleksi bersama 18 judul lainnya.

Lembut Merangkul, Film Pendek PNM Bawa Kisah Dari NTT Raih BUMN Branding & Marketing Awards 2023

Film tersebut memperoleh nominasi untuk beberapa kategori antara lain Best Actor, Best Director, dan Best Screenplay.


Dubes Esti Andayani bertemu tim film Kucumbu Tubuh Indahku di sela-sela Festival Kedua film Indonesia tersebut ditayangkan untuk publik pertama kalinya dalam The 75th Venice International Film Festival dan memperoleh apresiasi baik dari para penonton.
 
Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, turut hadir pada penayangan film dan menyampaikan rasa bangga terhadap prestasi film Indonesia yang dipandang mampu bersaing di film terbaik dunia.

Menemukan Hangat Keluarga: Cerita Emosional nan Personal Dalam Seri

Lebih lanjut, Dubes Esti juga mengapresiasi narasi cerita yang mengangkat aspek sosial dan tradisi budaya daerah di Indonesia.

Pengamat film di Italia, Tommaso Faoro, memuji kepiawaian sutradara Garin Nugroho yang mampu menyajikan sinematografi menarik dalam film Kucumbu Tubuh Indahku.
 
Kompetisi Orizzonti memberikan penghargaan bagi film-film yang dipandang merepresentasikan tren bercerita dan penyajian artistik sinema masa kini.

Seleksi dilaksanakan secara paralel dengan kompetisi utama Leon d’Oro (Golden Lion) dalam Venice International Film Festival, yang merupakan festival film tertua di dunia serta dipandang satu dari tiga ajang penghargaan film paling bergengsi global.

Tahun ini, The 75th Venice International Film Festival diselenggarakan pada 29 Agustus–8 September 2018 dan dihadiri oleh banyak nama-nama terkenal di dunia film internasional, seperti Bradley Cooper, Naomi Watts, Lady Gaga, Natalie Portman, Ryan Gosling dan Emma Stone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya