Impetigore, Film Joko Anwar Bakal Lebih Seram dari Pengabdi Setan

Joko Anwar
Sumber :
  • VIVA/Zahrotustianah

VIVA – Joko Anwar akan menggarap tiga film sekaligus bersama Ivanhoe Pictures (produser Crazy Rich Asians), Base Entertainment, RAPI Films, dan CJ Entertainment dalam beberapa tahun ke depan. Tiga film yang akan digarap berjudul Impetigore, Ghost in the Cell, dan The Vow. 

Sandiaga Uno Janji Pelaku Film dan Ekonomi Kreatif Dapat Vaksin

Impetigore sendiri merupakan film yang akan bergenre horor thriller. Joko Anwar dalam Media Luncheon yang digelar di Basic Instinct Restaurant, Sudirman, Jakarta, menjelaskan, film ini merupakan perpaduan kengerian dari hantu dan manusia.

"Ini horor thriller. Horor kan supernatural hantu, thriller manusia. Ini dua-duanya. Keren banget deh pokoknya," seru sutradara Pengabdi Setan itu, Selasa, 18 September 2018.

Joko Anwar Sutradara Terbaik FFI 2020

Namun, Joko Anwar mengatakan, film ini bukan menonjolkan unsur sadisme yang berdarah-darah. Dia menegaskan, mengutamakan skenario dan karakter untuk film-filmnya. 

"Kita enggak bikin film yang berdarah-darah. Kita percaya bahwa bikin film genre-nya apapun itu, yang paling dicari penonton adalah karakter dan pengkarakterisasian yang kuat. Karakter dan skenario adalah tulang punggung dari sebuah film. Mau biaya gede, banyak action, tembak-tembakan tapi kalau skenario dan karakternya lemes ya susah untuk dinikmati," katanya menjelaskan.

Perempuan Tanah Jahanam Raih 6 Piala Citra, Ini Kata Joko Anwar

Impetigore sendiri merupakan naskah lama yang sudah mulai digarap selama 10 tahun, sejak 2008. Waktu yang panjang ini membuat Joko Anwar tak main-main dalam pengembangannya. Riset mendalam pun dilakukan. 

Sinopsis Impetigore sendiri adalah tentang seorang perempuan yang tinggal di kota lalu kembali ke desa kelahirannya. Tanpa dia ketahui, orang di desanya ini sudah mencari atau mengincar dia bertahun-tahun.

Ditanya lebih jauh soal filmnya ini, Joko Anwar belum bisa mengungkapkan lebih banyak. Namun, dia menyebut filmnya kali ini terkait juga soal wabah, tapi bukan mengangkat zombie.

"Atmospheric, creepy, dan hard hitting," seru Joko menggambarkan nuansa di film Impetigore nantinya.

Jika membandingkan dengan Pengabdi Setan, film Joko Anwar yang jadi horor paling sukses di Indonesia dengan jumlah penonton lebih dari 4,2 juta, Impertigo punya karakter antagonis yang lebih kejam.

"Sosok antagonisnya kills, kalau Pengabdi Setan kan enggak membunuh, tapi menghantui," Joko Anwar menambahkan.

Impetigore akan mulai syuting pada Februari 2019 dan rencananya akan rilis pada tahun yang sama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya