Logo ABC

Film Tentang Ragam Muslim Indonesia Menangi Festival ReelOzInd

film
film
Sumber :
  • abc

Film pendek berjudul ‘Muslimah’ menangi festival film pendek Australia-Indonesia ‘ReelOzInd’. Film kategori kolaborasi terbaik ini menampilkan kisah pribadi sang sutradara yang dibesarkan dua ibu dengan pandangan agama berbeda. Film-film peserta ReelOzInd akan ditayangkan perdana pada 26 September 2018 di Melbourne dan Yogyakarta.

Film ‘Muslimah’ menceritakan tentang seorang perempuan muda yang memiliki dua orang ibu dengan pandangan agama yang berbeda.

Dalam film pendek berdurasi sekitar 5 menit ini, sang pemeran utama digambarkan menerima nasehat agama dari dua orang ibunya melalui sambungan telepon.

Ibu pertama meminta sang aktris untuk berpakaian tertutup, termasuk menutup kepala dengan hijab, sementara ibu kedua menilai penutup kepala bukanlah hal yang wajib dalam agamanya.

Sutradara ‘Muslimah’, Nur Wulandari -yang disapa Wucha, mengatakan, film itu didasarkan dari pengalaman pribadinya yang memang memiliki dua ibu.

“Yang satu selalu nanyain kapan aku pakai jilbab, sampai nanya ‘kamu kalau nggak pakai jilbab di kuburan gimana?. Yang satu lagi bilang Islam itu bukan tentang pakaian, tiap Muslim punya tradisi masing-masing,” kata Wucha kepada ABC.

‘Muslimah’ adalah pemenang kategori kolaborasi terbaik dari Festival Film Pendek Australia-I ndonesia ‘ReelOzInd’ 2018. Ada 4 pemenang lainnya dengan kategori berbeda dari festival ini, salah satunya film ‘Daily Bread’ besutan sutradara Australia, Ruby Challenger.