Tahun Ini, 23 Piala Citra Festival Film Indonesia Berlapis Emas

Piala Citra 2017
Sumber :
  • Dokumentasi FFI 2017

VIVA – Festival Film Indonesia kembali menggelar ajang penghargaan tahunan Piala Citra 2018 pada bulan Desember ini di Jakarta. Sekitar 110 film akan melalui tahap penjurian pada 2-25 Oktober 2018 dan pengumuman nominasi direncanakan 6 November 2018.

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Selain Malam Nominasi, tahun ini Komite FFI akan mengadakan Malam Apresiasi untuk memberikan penghargaan bagi insan perfilman yang selama ini berjasa namun kurang mendapat sorotan. 

“Kami akan berikan penghargaan terhadap orang-orang yang sudah punya jasa luar biasa terhadap film Indonesia tapi mereka kadang di bawah radar atau mungkin belum pernah dapat Piala Citra,” ujar Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI di Metropole XXI Jakarta, pada Senin, 1 Oktober 2018.

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

FFI telah menyediakan 23 Piala Citra 2018 berlapis emas untuk diberikan kepada setiap pemenang masing-masing kategori. Berbeda dari tahun lalu yang hanya satu piala utama saja yang berlapis emas.

“Ada 23 kategori. 23 itu keseluruhan kategorinya kami berikan lapis emas. Berbeda dari tahun lalu, karena kami butuh waktu kurang lebih 6 bulan untuk mengerjakan keseluruhan pialanya untuk kami plated,” ucap Nickole Retna, manager PR The Palace sebagai jeweler yang mengerjakan Piala Citra.

Raih Penghargaan FFI 2023, Rachel Vennya Ingat Titik Terendah Dalam Hidupnya

Tentang Piala Citra

Piala Citra pertama kali diberikan pada tahun 1966 dan dirancang oleh pemahat Sidharta. Piala ini baru disahkan pada tahun 1979 oleh Menteri Penerangan Ali Murtopo. Sejak tahun 2014 hingga 2017, Piala Citra dirancang oleh pemahat Dolorosa Sinaga. Tahun lalu, Leni Lolang selaku Ketua Festival Film Indonesia (FFI) 2017 mengungkapkan Piala Citra tahun tersebut masih belum dilapisi emas, sebab waktu persiapan yang terlalu singkat.

"Jadi kita pernah mau melapisi emas tapi beberapa kegiatan selalu waktunya dekat sekali. Ternyata akrilik sulit mendapat emas jadi dia (piala) itu belum," kata Leni saat ditemui di rumah Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Jumat malam, 10 November 2017.

Namun Leni menjelaskan, piala pemenang akan dilapisi emas tersebut setelah diserahkan. Meski begitu dia belum bisa memastikannya.

"Sponsor kita menjanjikan setelah ini dia akan lapisi semuanya. Setelah diterima oleh pemenang, tapi masih progress. Jadi musti dipastikan dulu," katanya lagi kala itu. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya