Nadine Chandrawinata Angkat Sampah di Pantai Bunaken

Nadine Chandrawinata di Bunaken
Sumber :

VIVA – Sebuah tindakan menginspirasi dan patut dicontoh dilakukan Putri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata. Nadine mengikuti kegiatan mengangkat sampah di Pantai Bunaken, Manado, Sulawesi, Minggu 7 Oktober 2018. 

Dimas Anggara Debut Jadi Sutradara, Begini Respons Nadine Chandrawinata

Pantai Bunaken terkenal karena memiliki taman laut yang indah di dunia. Memiliki karang dan ikan yang unik, sehingga banyak dikunjungi turis asing dan domestik. Tak heran, kebersihan Pantai Bunaken seolah-olah menjadi perhatian siapa saja yang datang berkunjung ke tempat wisata paling terkenal di Manado itu. 

Nadine pun tak mau ketinggalan, bersama Komunitas Pencinta Lingkungan yang didirikannya tahun 2015, Sea Soldier, melakukan aksi bersih-bersih pantai atau clean up.

Selamat! Nadine dan Dimas Anggara Dikaruniai Anak Kedua Tepat di Hari Kesaktian Pancasila

Didampingi sekitar 60-an personel Seasoldier North Sulawesi (Sea Soldier Sulawesi Utara), mereka bergerak dari Pelabuhan Manado pukul 07.00 WITA. Sejam lebih perjalanan, awalnya rombongan mencari lumba-lumba di seputaran perairan Pulau Bunaken.

Hampir satu jam keliling pulau tidak menemukan lumba-lumba. Namun jauh dari Pulau Bunaken, tepatnya di Pulau Nain, muncul puluhan lumba-lumba. Usai menikmati wisata melihat lumba-lumba, rombongan lalu menuju Pantai Bunaken. 

Nadine Chandrawinata Hamil Anak Kedua, Dimas Anggara Cerita Persiapan Persalinan

“Kita tak perlu berpikir yang rumit-rumit untuk mencintai lingkungan. Mulai lah dari diri sendiri. Misalnya, membersihkan kamar kita sendiri. Bersihkan plastik yang ada di kamar. Jika itu sudah dilakukan, baru mulai melakukan hal yang lebih besar lagi bersama komunitas, seperti aksi bersih-bersih sampah,” tuturnya.

“Saya melihat sampah-sampah yang dibuang mayoritas plastik. Perusahaan atau pemilik-pemilik penginapan di sini ikut menyumbang sampah. Saya sampaikan pemilik usaha harus ikut bertanggung jawab, jangan lah membuang sampah sembarangan,” kata Nadine. 

Dia menambahkan, Taman Laut Bunaken ini harus terus dijaga jangan sampai kotor. “Ini kan icon Manado dan Indonesia. Orang luar negeri tahu orang Indonesia itu bersih dan menjaga lingkungannya tetap bersih bukan dipenuhi sampah. Saya ikut berkampanye menjaga lingkungan tetap lestari,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya